Menu

Gerakan Literasi jadi Program Mahasiswa UNP KKN

  Dibaca : 362 kali
Gerakan Literasi jadi Program Mahasiswa UNP KKN
Mahasiswa KKN UNP mengadakan gerakan Literas.

PADANG, METRO
Sebagai mahasiswa selain melakukan kegiatan perkuliahan,juga ada namanya pengabdian. Pengabdian itu dilakukan di tengah kehidupan masyarakat. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP) salah satunya gerakan Literasi. Para mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN di Kelurahan Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang jadikan gerakan literasi sebagai program.

“Ini kita lakukan karena di saat pandemi ini masyarakat membutuhkan informasi dan berita yang sesuai dengan kaedah jurnalistik dan anti hoaxs. Apalagi hampir tiap rumah memiliki Hp, jika tidak hati-hati menyikapi informasi, maka akan berakibat merugikan masyarakat disebabkan karena hoaxs,” jelas Ketua KKN mahasiswa UNP Kelurahan Alai Parak Kopi Rafli dalam kegiatan sosialisasi gerakan literasi Minggu (14/2).

Pada kesempatan itu juga wujud kepedulian  akan gerakan literasi,maka mahasiswa KKN kerja sama dengan Komunitas Padang Kuno donasi buku untuk perpustakaan Kelurahan. Ada 100 buku baik umum, agama dan remaja didonasikan.

“Saya atas nama masyarakat Alai tentu bahagia masih ada kepedulian mahasiswa KKN dalam gerakan literasi terutama minat baca.Donasi buku ini merupakan sumbangan dari kawan kawan Komunitas Padang Kuno.Mereka warga masyarakat yang punya keterbatasan ruang di rumah.Melalui gerakan membaca dan donasi ini sesuai Peraturan Daerah (perda) Kota Padang No 2 Tahun 2018 tentang perpustakaan juga menegaskan arti penting peranan masyarakat dalam memajukan perpustakaan Kelurahan,” jelas Eko Kurniawan Ketua Komunitas Padang Kuno.

Eko juga berharap gerakan yang dilakukan mahasiswa terus berlanjut walaupun Masa KKN sudah berakhir. Perpustakaan Kelurahan Alai Parak Kopi berada di gedung sangling yang merupakan sekretariat bersama PKK,LPM dan lembaga kelurahan lainnya.

“Kegiatan KKN sudah berlangsung sejak pertengahan Januari lalu. Selain gerakan literasi, mahasiswa juga melakukan kegiatan pembuatan bank sampah, pelatihan relawan Covid-19 dan sebagainya,” pungkasnya. (r)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional