Close

Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Dilaunching di Kota Padang

LAUNCHING— Wali Kota Padang Hendri Septa melaunching Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Tingkat Kota Padang. Kegiatan yang diselenggarakan Tim Penggerak PKK itu diikuti unsur kelurahan yang menjadi pilot project dari 11 kecamatan di Kota Padang.

BD.KANDUANG, METRO–Wali Kota Padang Hendri Septa melaunching Gerakan Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana Tingkat Kota Pa­dang, di Hotel Axana, Rabu (24/11). Kegiatan yang di­selenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Pa­dang tersebut diikuti oleh unsur kelurahan yang men­jadi pilot project dari 11 kecamatan di Kota Padang.

Wako Hendri Septa me­ngatakan, Pemerintah Ko­ta Padang melalui dinas terkait terus berupaya mem­berikan pengetahuan lingkungan dan keluarga yang sehat, maupun mitigasi bencana kepada ma­syarakat, untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, tanggap dan tangguh bencana.

“Kita berharap melalui kegiatan ini, keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana di Kota Padang dapat terwujud, mengingat kesehatan lingkungan dan keluarga merupakan hal yang tidak dapat diabaikan,” tutur Wako.

“Di samping itu, ling­kungan yang rawan bencana juga menuntut masya­rakat kita untuk senantiasa waspada dan tanggap bencana,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Padang, Ny. Genny Hendri Septa mengatakan, gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, diri sendiri dan keluarga untuk tanggap dan tangguh menghadapi berbagai tantangan di sekelilingnya.

“Untuk itu telah ditetapkan 1 kelurahan di masing-masing kecamatan di Kota Padang sebagai pilot project untuk gerakan keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana,” ungkap Genny.

“Adapun kelurahan ter­sebut yakni, Kelurahan Kampung Olo di Kecamatan Padang Barat, Kelurahan Air Tawar Barat di Kecamatan Padang Utara, Kelura­han Jati di Kecamatan Pa­dang Timur, Kelurahan Bukit Gado-Gado di Kecamatan Padang Selatan, Kelurahan Gurun Laweh di Kecamatan Nanggalo, lalu Kelurahan Sungai Sapih di Kecamatan Kuranji,” urai­nya.

Selanjutnya, Kelurahan Lambung Bukit di Kecamatan Pauh, Kelurahan Baringin di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kelurahan Parak Laweh Pulau Aie Nan XX di Kecamatan Lubuk Begalung, dan Kelurahan Pasie Nan Tigo di Kecamatan Koto Tangah. Sedangkan untuk pilot project tingkat Kota Padang ditetapkan Kelurahan Bungus Barat di Kecamatan Bungus Teluk Kabung.

“Penetapan kelurahan pilot project tersebut didasarkan kepada identifikasi yang terdiri dari situasi, kondisi dan potensi serta permasalahan yang dihadapi masing-masing kelurahan, terkait kondisi kesehatan keluarga yang kurang baik, kondisi lingkungan hidup di kelurahan yang kurang baik dan perencanaan sehat yang kurang baik,” pungkas Genny. (rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top