Menu

Gerak Cepat Antisipasi Penyebaran Covid-19

  Dibaca : 467 kali
Gerak Cepat Antisipasi Penyebaran Covid-19
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Wagub, Nasrul Abit, Ketua Gugus Percepatan Penanganan Virus Corona Provinsi Sumbar, Erman Rahman, Kepala Dinkes Sumbar, Merry Yulisday, Kepala Biro Humas, Jasman Rizal, Direktur RSUP M Djamil Padang, Yusirwan gelar jumpa pers.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Nasional sudah berdiri, 13 Maret lalu, dan ditetapkan SK Presiden RI, Joko Widodo. Menyikapi hal ini, pada 14 Maret, Pemprov Sumbar bergerak cepat dengan membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) tingkat Provinsi Sumbar.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Nasional diketua Kepala BNPB, Doni Munardo. Sementara, di tingkat Sumbar, Ketuanya Hariannya, Kepala BPBD Provinsi Sumbar, Erman Rahman.

Tidak hanya di tingkat Provinsi Sumbar, Pemprov Sumbar juga langsung action dengan langsung membentuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona tingkat Kabupaten Kota. “Seluruh kabupaten kota sudah dibentuk. Gugus Tugas ini jika di tingkat provinsi, Ketua Hariannya, Kepala BPBD Sumbar, maka di tingkat kabupaten kota, ketuanya sekda,” ungkap Irwan Prayitno.

Tugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona tingkat Provinsi Sumbar ini cukup banyak. Seperti melakukan pendataan dan pemetaan virus corona di Sumbar, kordinasi dan sinergi melalui rapat dengan pihak terkait, melakukan edukasi ke tengah masyarakat terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona, dan menindakanjuti langkah-langkah penanganan virus corona di lapangan.

Terkait percepatan penanganan virus corona ini, menurut Irwan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona dalam pelaksanaan tugasnya akan menggunakan anggaran dengan penganggaran khusus, berpedoman kepada UU Kebencanaan. Di mana melalui UU tersebut ada bantuan keuangan yang tidak terduga, untuk mengatasi masalah virus corona ini, mulai dari kesiapan dan pencegahan.

Kepala BPBD Provinsi Sumbar, yang juga Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona tingkat Provinsi Sumbar, Erman Rahman, mengatakan, pihaknya dalam melaksanakan tugas melakukan koordinasi dengan instansi terkait, baik lintas organisasi perangkat daerah (OPD), dengan pemerintah kabupaten kota, maupun stakeholder lainnya. Sehingga, penanganan virus corona dilakukan dengan cepat, proporsional, terukur dan terkendali.

Salah satu koordinasi yang dilakukan dengan menggelar rapat kordinasi antara Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit dengan OPD di lingkungan Pemprov Sumbar, KKP Sumbar dan Otoritas Bandara Internasional Minangkabau (BIM), 14 Maret lalu. Rapat membahas kesiapan dalam mengawasi pintu gerbang masuk ke Sumbar dan perbatasan.

Kemudian ditindaklanjuti dengan rapat koordinasi dengan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dengan bupati dan walikota, rumah sakit rujukan pasien virus corona dan stakeholder lainnya, Senin, (16/3). Rapat membahas kondisi terkini tentang informasi penyebaran virus corona dan langkah-langkah antisipasi yang dilakukan pihak rumah sakit rujukan dan masing-masing pemerintah kabupaten kota.

Tidak hanya sekedar rapat, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit secara bergantian langsung menindaklanjuti dengan melakukan peninjauan ke BIM terkait kesiapan KKP Sumbar dan otoritas bandara dalam mengawasi setiap orang masuk ke Sumbar melalui jalur udara.

Selain rapat, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona tingkat Provinsi Sumbar langsung mendirikan posko penanganan virus corona (Covid-19) di Kantor BPBD Provinsi Sumbar. Hadirnya posko ini merupakan upaya Pemprov Sumbar untuk terus melakukan pemantauan penyebaran virus corona dan memberikan informasi serta edukasi kepada masyarakat.

Erman Rahman, mengatakan, hadirnya posko ini supaya masyarakat bisa mengetahui situasi perkembangan covid-19 di Sumbar. Selain menghadirkan posko, pihaknya juga telah membuat website corona.sumbarprov.go.id. “Masyarakat bisa mengakses website ini via smartphone,” ujar Erman saat menerima kunjungan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, Rabu (18/3) di Posko Covid-19 BPBD Sumbar.

“Website yang kami buat untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan virus Corona ini. Dalam website itu banyak berisi informasi, seperti peta penyebaran virus corona di dunia maupun daerah, data, publikasi dan informasi lainnya,” ujarnya.

Rabu (18/3) pertama kali website ini dijalankan. Jadi, website ini tidak sekadar informasi. Tetapi masyarakat juga dapat mengontak jika diperlukan. “Website memberikan perkembangan jumlah update, seperti jumlah positif, negatif, sudah diperiksa, data Orang Dalam Pantauan (ODP), dan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP),” terangnya.

Masyarakat sudah dapat mengakses website ini karena sudah aktif. Erman mengklaim, website tersebut akan bermanfaat bagi masyarakat karena di dalamnya juga ada informasi menjelaskan cara pencegahan covid-19. “Target awal sosialisasi dan edukasi ke tengah masyarakat. Virus corona ini harus kita hadapi secara arif dan bijaksana. Nanti, kita akan turun ke lapangan melakukan gerakan pembersihan tempat-tempat umum, di perumahan dan tempat ibadah,” terangnya. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional