Close

Gerai Vaksinasi di Polres Dharmasraya Ramai, Warga Berdatangan Pakai Bus AKAP

Terlihat sejumlah mobil Bus berjejer rapi membawa penumpang yang akan mengikuti vaksinasi di Mapolres Dharmasraya Rabu (3/11). 

DHARMASRAYA, METRO–Pelaksanaan gerai vaksinasi presisi yang berlangsung di Mapolres Dharmasraya menjadi salah satu tempat vaksinasi favorit bagi masyarakat se­tempat. Hal ini terlihat de­ngan banyaknya warga yang terdiri dari lansia, pedagang, pelajar hingga penumpang bus yang me­lintasi wilayah tersebut. Rabu (3/11). 

Mendapati kondisi ter­sebut, jajaran Kepolisian Resor Dharmasraya, Su­matra Barat, yang dibantu tim Dinas Kesehatan dan relawan serta satgas co­vid berupaya memaksimalkan pelaksanaan vaksinasi ter­sebut dengan mendirikan 3 titik lokasi pendaftaran agar tidak terjadinya kerumunan massa. 

Tingginya antusiasme masyarakat untuk mendapat pelayanan vaksinasi di Mapolres terus dimonito­ring oleh Kapolres AKBP Anggun Cahyono beserta jajaran. Hal ini dilakukan guna terlaksananya proses vaksinasi dengan baik dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 5M seperti menjaga jarak dan tidak berkerumunan.

Petugas kepolisian di­bantu tim satgas berusaha mengendalikan warga yang ingin mendapat pe­layanan vaksinasi dengan membatasi mereka untuk menjaga jarak.

Kapolres Dharmasra­ya, AKBP Anggun Cah­yo­no didampingi Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Kajari Dharmasraya, M Haris Hasbullah dan Danramil 10 Mayor CAJ Tuti Andayani mengatakan, petugas terus memaksimalkan upaya pelaksanan vaksinasi dengan baik dan penerapan protokol kesehatan secara ketat. 

“Giat gerai vaksinasi presisi di Mapolres kita mulai dengan pembagian tempat pendaftaran de­ngan 3 titik, selanjutnya untuk kenyamanan warga, area vaksinasi dibagi menjadi dua titik dengan me­misahkan tempat vaksinasi bagi perempuan dan laki-laki,” ungkap AKBP Anggun Cahyono usai melaksanakan Zoom meeting bersama Kapolri Jendral Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo Rabu (3/11).

Anggun menegaskan bahwa petugas selalu me­ngingatkan warga yang ikut vaksin agar antre dan menjaga jarak serta tidak berkerumunan.

“Sebenarnya, kami su­dah menyediakan tempat bagi warga yang akan menjalani vaksinasi. Ada dia titik tempat vaksin dan beberapa tenda untuk tempat warga menunggu an­trian. Hal ini dilakukan agar warga mendapat pelayanan prima dan merasa nyaman, “ jelasnya 

Hal itu, kata dia, sebagai upaya mengantisipasi terjadinya kerumunan dan menimbulkan kerawa­nan penyebaran covid-19.

Anggun menambahkan pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 1.000 vaksin Sinovac untuk vaksinasi di Mapolres Dharmasraya.

Kapolres mengatakan pendirian gerai presisi gu­na mendukung program percepatan vaksinasi nasional. Secara nasional, program vaksinasi ditargetkan satu juta perhari.

Disebutkan Anggun, selain dilaksanakan secara langsung oleh jajaran Polres, gerai vaksinasi juga dibuka di wilayah Polsek. Saat ini animo warga yang ikut vaksin cenderung naik jumlahnya di setiap gelaran vaksinasi.

“Kegiatan vaksinasi dilaksanakan melalui kerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten dan Puskemas di Mapolsek, “ katanya. 

Dijelaskan Anggun, minat masyarakat Dharmasraya untuk mendapatkan vaksin saat ini cukup tinggi. Sasarannya, mulai dari lansia, wartawan, pedagang, masyarakat umum hingga pelajar di atas 12 tahun . 

“Bahkan untuk hari ini, banyak juga peserta vaksin yang berasal dari penumpang bus yang akan menuju ke arah Pulau Jawa maupun ke arah Padang, “ je­lasnya. 

Sementara itu, Ahmad (47) warga asal Medan juga ikut melaksanakan vaksin di Mapolres Dharmasraya. 

“Kebetulan sedang naik bus ALS mau ke Jakarta, dan mumpung ada kesempatan kita ikut vaksin juga disini,. Kita juga mendapatkan makanan dan minuman saat mengikuti vaksin disini, “ ungkap Ahmad didampingi 6 orang rekannya usai melaksanakan vaksin. Rabu (3/11). 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para petugas yang telah memfasilitasi mereka dalam mengikuti vaksinasi. 

“Terima kasih kepada pak polisi, petugas medis dan semua pihak yang telah melaksanakan vaksinasi, “ pungkasnya

Terpisah, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan melalui Kepala Dinas Kesehatan Dhar­masraya, Yosta Defina menyebutkan bahwa saat ini ketersediaan stok vaksin di daerahnya masih aman terkendali dan vaksinasi juga telah mencapai angka 48.3 persen. 

“Alhamdulillah, kita su­dah mencapai 48.3 persen. Vaksinasi tersalur dengan baik berkat kerjasama de­ngan Forkopimda,” kata Kepala Dinas Kesehatan Yosta Defina. 

Ia menjelaskan, seba­nyak 179.257 warga telah mendapatkan vaksinasi dan jumlah tersebut akan terus bertambah setiap harinya. 

“ Total hingga Selasa (2/11) sudah 48.3 persen atau 179.257 warga yang divak­sin, baik dosis 1 maupun dosis 2,” pungkasnya (gus) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top