Close

Genjot Pembangunan, Pemko Padang Matangkan Data Statistik Sektoral

FGD PEMKO— Perwakilan pengelola data dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Padang saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD).

BUNDO KANDUANG  METRO–Asisten Administrasi Umum Didi Haryadi me­ngatakan, data dtatistik sektoral sangat dibu­tuhkan sering terdengar seiring kebutuhan akan data yang terus meningkat dan sa­ngat dibu­tuh­kan terhadap kegu­naannya. Du­kungan keterse­diaan data statis­tik yang ber­kualitas menjadi hal utama dalam peru­mu­san kebija­kan pembangu­nan, alat kontrol/monitoring terhadap imple­men­tasi perencanaan pem­ba­ngu­nan Kota Padang.

“Kita butuh data yang valid di setiap sektoral untuk meng­genjot pem­bangunan. Sinkro­ni­sasi data Kota Padang bu­kan­lah tugas BPS dan Disko­minfo semata, melainkan tang­gung jawab kita semua baik pemerintah daerah mau­pun instansi lainya yang terkait. Maka data tersebut harus sinkron dalam pe­nyusunannya agar peren­canaan pemba­ngunan le­bih terarah,” ujar Didi ba­ru-baru ini saat membuka  Focus Group Discussion (FGD) data sta­tistik sek­toral di salah satu hotel di Padang.

Dikatakannnya, berda­sarkan Undang-Undang Republik Indonesia No 24 Tahun 2014 tentang Pe­merintah Daerah, statistik merupakan salah satu uru­san Pemerintah. Penye­lenggaraan urusan statistik ini mengacu pada Undang-Undang no 16 tahun 1997 tentang Statistik.

“Saya berharap kita bisa memadu padukan da­ta-data yang ada di OPD. Sinergi pengelolaan data ini harus kita akui sebagai kerjasama semua pihak, mulai dari tingkat bawah, pemerintahan kelu­rahan, kecamatan hingga atas,” ujar Didi.

FGD yang digelar Dis­kominfo Padang tersebut diharapkan bisa mengha­dirkan data yang berkua­litas. Masyarakat juga bisa berpartisipasi mengontrol data-data statistik ter­se­but.

“Saya berharap kepa­da para peserta FGD agar me­manfaatkan momen acara ini untuk dapat meng­gali sebanyak-banyaknya infor­masi terkait statistik sekto­ral yang dijadikan dasar perencanaan pembangu­nan daerah. Karena hal ini nan­tinya akan sangat mem­bantu kita dalam mengha­silkan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan da­pat dipertanggungjawab­kan, serta mudah dibagi­pakaikan antar OPD,” tu­turnya.

Sementara itu, Kadis Kominfo Padang, Rudy Ri­naldi menyampaikan tu­juan diselenggarakan  FGD agar setiap OPD di ling­kungan Pemerintah Kota Padang bisa mengentry data sendiri melalui apli­kasi Satu Data Kota Padang agar satu data Indonesia bisa tercapai. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top