Close

Genius Umar Terima Kunjungan UPT STPL Dirjen Kementerian Sosial RI

FOTO BERSAMA— Wali Kota Pariaman H Genius Umar foto bersama dengan Dirjen Kemensos RI.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menerima kunjungan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sentra Terpadu Pangudi Luhur (STPL) Bekasi Direktorat Jenderal Rehabilitasi So­sial Kementerian Sosial Republik Indoneisa (Kemensos RI).

“Inti dari kunjungan ini adalah melakukan peni­laian terhadap bantuan-ban­tuan yang telah diberikan oleh Pemerintah Kota Pa­riaman yang sumber da­nanya ada di Kemensos RI,” kata Walikota Pariaman Genius Umar, kema­rin.

Genius menyebutkan, sebelumnya Kota Pariaman telah menerima bantuan berupa kursi roda, tempat tidur dan juga sembako yang diserahkan langsung oleh UPT Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi ini. Dan kemudian dilanjutkan dengan mendata seluruh disabilitas yang ada di Kota Pariaman.

“Harapan kita dengan kunjungan ini, Kota Pariaman betul-betul diperhatikan terutama untuk disabi­litas, bantuan sembako, rumah tidak layak huni, dan bantuan lainnya,” ujarnya.

“Kita berharap ini da­pat segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian mereka,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kota Pariaman, Muhamad Roem mengatakan, Tim Sentra Terpadu Panggudi Luhur Bekasi telah menyalurkan bantuan Asistensi Rehabilitasi So­sial (ATENSI) kepada 105 orang warga Penerima Man­faat di Kota Pariaman.

Dengan rincian sebagai berikut, sembako 97 paket, alat bantu dengar 3 unit, kursi roda biasa 2 unit, kursi roda khusus 2 unit, kursi roda cerebal palsi 1 unit, kursi roda anak 1 unit, alat bahan usaha warungan 2 paket, alat bahan usaha pulsa 1 paket, tongkat a­daptif netra 10 unit, walker 1 unit, tongkat tripod 3 unit, tongkat biasa 1 unit, kasur 12 unit, alat bahan usaha jualan minuman 1 unit, dan alat bahan usaha ternak ayam 1 paket.

Kementerian Sosial RI melalui Sentra Terpadu “Pangudi Luhur” Bekasi terus berupaya untuk mem­berikan pelayanan optimal kepada para lansia, salah satunya melalui Layanan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). La­yanan ATENSI diberikan oleh Sentra Terpadu melalui pelayanan langsung yang meliputi pemenuhan kebutuhan hidup layak, perawatan sosial, duku­ngan keluarga, terapi (fisik, psikososial, mental dan spiritual), pelatihan vokasional dan/atau pembinaan kewirausahaan, bantuan sosial dan asistensi sosial serta dukungan aksesibilitas.

Layanan ATENSI ini diimplementasikan dengan memberikan layanan pemenuhan hidup layak bagi lansia berupa kebutuhan nutrisi, sandang, papan, dan obat-obatan. Pemberian dukungan aksesibilitas berupa tongkat adaptif, kursi roda adaptif, motor roda tiga, alat bantu de­ngar dan kacamata. Terdapat juga bantuan perlengkapan rumah dan sarana kamar bagi lansia. Selain itu dibe­rikan juga bantuan kewi­rausahaan sebagai alternatif kegiatan produktif yang bisa mewujudkan kemandirian lansia secara sosial ekonomi.

Muhamad Roem me­nyebutkan, bantuan disalurkan dengan tepat sasaran sesuai kebutuhan ma­sing-masing penerima man­faat serta berdampak terhadap peningkatan eko­nomi keluarga Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di Kota Pa­riaman. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top