Menu

Genius Umar Targetkan Masuk 10 Besar Kota Terinovasi

  Dibaca : 230 kali
Genius Umar Targetkan Masuk 10 Besar Kota Terinovasi

WALI Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan daerahnya targetkan masuk dalam 10 besar kota teri­novasi di Indonesia dengan melaporkan secara detail setiap inovasi yang dila­kukan salah satu bidang wisata pada tahun 2021. “Kita selama ini telah ba­nyak munculkan inovasi, namun belum kita laporkan secara menyeluruh, sehing­ga kita tahun  2020 hanya masuk rangking 24,” kata Wali Kota Pariaman Genius Umar, kemarin.

Katanya, masuk Paria­man ke dalam 10 besar atau bahkan lima besar maka akan mendapatkan dana insentif daerah (DID) yang dapat membantu untuk pem­ba­ngunan yang bermuara pada peningkatan pelaya­nan kepada masyarakat.

Apalagi, lanjutnya da­erah itu kesulitan menda­patkan pendapatan asli dae­rah bahkan selama lebaran 2021 daerah itu hanya men­dapatkan Rp 350 juta dari sektor wisata. “Untuk itu perlu adanya banyak ino­vasi dan pelaporan yang baik,” ungkapnya.

Ia menyampaikan ino­vasi dan pelaporan tersebut tidak semata mendapatkan DID namun karena ingin membangun daerah de­ngan menarik dana sebesar-besarnya dari pusat untuk kepentingan warga Kota Pariaman.

Dikatakan,  pihaknya men­datangkan pihak Ke­men­terian Dalam Negeri RI (Ke­mendagri) untuk mem­be­rikan pemahaman dan me­ngajarkan cara melapor­kan inovasi dengan baik kepada ASN di Kota Paria­man.

Sejauh ini, kata dia telah banyak inovasi yang dila­kukan oleh Pemkot Pariaman untuk meningkatkan kese­jah­teraan warga di daerah itu yaitu di antaranya di sektor wisata membangun kawasan kota tepi air dan bidang pendidikan mem­berikan beasiswa kepada anak dari keluarga miskin untuk menempuh pendi­dikan tinggi.

Lebih jauh dikatakan,  semenjak 2017 Kota Paria­man belum masuk ke dalam 10 besar kota terinovasi namun telah menunjukan perubahan ke arah yang baik yaitu pada 2018 berada di rangking 46 tahun 2019 rangking 43, dan 2020 be­rada pada rangking 24. “Se­moga pada tahun menda­tang kita Kota Pariaman masuk sepuluh besar. Kita butuh dukungan semua pi­hak sehingga Kota Pariaman semakin maju dan berkem­bang,” ungkapnya. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional