Close

Genius Umar: Paspor bisa Urus di MPP Pariaman

Wali Kota Pariaman, Genius Umar, kemarin dialog dengan Kasubsi informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I Padang, Julindo Dani Saputra.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman, Genius Umar, kemarin dialog dengan Kasubsi in­formasi dan Komunikasi Kantor Imi­grasi Kelas I Padang, Julindo Dani Saputra. Saat itu Walikota Pariaman itemani oleh Sekda Kota Pariaman, Yota Balad dan Plt Kadis Kominfo, Adi Junaidi.

“Layanan Imigrasi untuk pe­ngu­rusan pembuatan pasport  bisa di MPP Kota Pariaman, jadi masyarakat Kota Pariaman dan sekitarnya, tidak perlu jauh-jauh lagi ke Padang, tetapi dapat mengurus pasport di MPP Kota Pa­riaman,” kata  Walikota Pariaman, Genius Umar, ketika menemani Kun­jungan Kerja Tim Evaluator Deputi Pelayanan Publik ke MPP Kota Pa­riaman, Kelurahan Karan Aur, Ke­camatan Pariaman Tengah.

“Dengan adanya layanan kantor imigrasi di MPP ini, masyarakat Kota Pariaman dan sekitarnya, dapat membuat pasport lebih dekat lagi, sehingga menghemat waktu dan biaya,” ujarnya.

Genius Umar juga mengung­kap­kan bahwa kehadiran layanan imi­grasi ini telah lama didambakan oleh Pemerintah Kota Pariaman, karena hal ini akan menunjukan Kota Pa­riaman sebagai kota yang bersaing dengan kota-kota lainya di indonesia, dan menjadi kota yang diper­hitung­kan di kawasan Sumatera Barat sendiri.

“Selain itu, di MPP ini juga sudah terhubung dengan pelayan publik lainnya, sehingga masyarakat dimu­dahkan untuk pengurusan perizinan atau juga surat keterangan lainnya,” katanya.

Ia mengatakan, langkah ini meru­pakan usaha untuk semakin me­ningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat dan sebagai wujud nega­ra hadir di tengah-tengah masya­rakat yang membutuhkan layanan prima.

“Kami berharap, sinergi dan ko­laborasi dengan pihak eksternal bisa terus dilakukan, dan dengan keha­diran layanan imigrasi ini, masyarakat dapat lebih mudah dalam pengurusan pasport, dan prosesnyapun cepat,” ujarnya.

Sementara itu Julindo Dani Sa­putra, Kasubsi informasi dan Komu­nikasi Kantor Imigrasi Kelas I Padang mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan menandatangani MoU dan dilanjutkan dengan PKS antara Kantor Imigrasi Kelas I Padang de­ngan DPMPTSP selaku pengelola MPP Kota Pariaman, ucapnya.

“Kita akan melayani proses pem­buatan pasport untuk warga Kota Pariaman dan sekitarnya, tetapi yang pertama kita harus segera menan­datangani MoU dan PKS, tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak, sehingga kita dapat memberikan pelayanan yang prima kepada m­a­syarakat,” tuturnya.

Dalam pengurusan pasport sen­diri, sesuai dengan SOP yang ada, untuk pembuatan pasport baru diper­lukan waktu 3 (tiga) hari.

“Sedangkan untuk perpanjangan pasport, cukup 1 hari pelayanan,” terangnya. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top