Close

Genius Umar: Parpol Jembatan Suara Rakyat Untuk Berkontribusi Bangun Daerah

CENDERA MATA— Wako dan wawako saat tukar cendra mata dengan kesbangpol Pekanbaru.

PARIAMAN, METRO–Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan Partai Politik ( Parpol) merupakan jembatan suara rak­yat, untuk berkontribusi dalam membangun dae­rah, bersama dengan pemerintah.  “Parpol juga memegang peran penting dalam penyaluran suara rakyat melalui fraksi frak­sinya di DPRD, dimana hal ini telah kita lakukan di pemerintahan Kota Pariaman,” kata Walikota Pariaman Genius Umar, kemarin, usai menghadiri pertemuan dengan Kepala Kesbangpol (Kesatuan Bangsa dan Politik) Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, dalam rangka kunjungan studi tiru dan sharing informasi pe­ningkatan kapasitas pe­ngurus Partai Politik ke Ba­dan Kesbangpol dan Partai Politik Kota Pekanbaru.

“Kami bersama de­ng­an pengurus Parpol dan Kesbangpol yang ada di Kota Pariaman, melakukan diskusi dan bertukar pikiran atau sharing information dengan Kesbangpol dan Parpol di Kota Pekanbaru, terkait berbagai program dan kegiatan, serta perkembangan kelemba­gaan Kesbangpol yang ada di Kota Pekanbaru ini,” ujarnya.

Genius Umar juga me­ngungkapkan, banyak hal yang bisa ditiru dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pekanbaru, khu­susnya terkait dukungan terhadap Partai Politik, dimana di Kota Pekanbaru ini, mempunyai penduduk yang beragam dan ma­salah sosial yang tinggi, tetapi dapat menciptakan suasana kondusif. “Keberadaan partai politik ti­dak bisa dipisahkan dari prinsip-prinsip kehidupan berdemokrasi. Partai me­rupakan salah satu pilar dari demokkrasi itu sendiri. Dengan adanya partai politik, aspirasi dan keinginan masyarakat dapat di­salurkan dan diperjuangkan karena memang keberadaan partai politik untuk maksud tersebut,” ung­kapnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian me­nyebutkan, ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, se­perti bantuan keuangan ke partai politik, kemudian juga dukungan ke orga­nisasi masyarakat (ormas), FKUB, serta terkait pelaksanaan pemilu 2024. “Kami mempunyai hubungan yang baik dengan Parpol dan bagaimana peran pemerintah Kota Pekanbaru dan juga Kesbangpol­nya, dapat saling bersinergi dan saling mendukung satu dengan lainya, seperti di dalam penyelenggaraan pemiliu 2024 mendatang,” tukasnya.

Zulfahmi yang akrab di­sapa Bang Zoel ini juga menjelaskan, khusus untuk dukungan ke partai politik, Pemerintah Kota Pekanbaru setiap tahunnya selalu me­ngalokasi anggaran ba­gi parpol yang kadernya du­duk sebagai anggota DPRD.

“Kota Pekanbaru melalui Kesbangpolnya, setiap tahun memberikan duku­ngan untuk partai politik, yang berjumlah lebih ku­rang Rp. 1,2 miliar, dimana pembagian anggaran ter­sebut, dihitung berdasarkan suara sah yang dimiliki setiap parpol, untuk satu suara, kami anggarkan Rp. 2.953 rupiah, “ tambahnya mengakhiri. (efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top