Menu

Genius Umar Komit Selamatkan Pantai dari Abrasi, Program Penanaman Pohon Pinago

  Dibaca : 227 kali
Genius Umar Komit Selamatkan Pantai dari Abrasi, Program Penanaman Pohon Pinago
Wali Kota Pariaman Genius Umar bersama tamu sesampai di lokasi acara penanaman pohon di Pantai Talao Pauh Pariaman.

WALIKOTA Pariaman H Genius Umar bersama jajarannya berkomitimen dalam menyelamatkan pantai dari ancaman abrasi pantai. Buktinya, kemarin, 1.000 batang pohon pinago ditanam bersama semua unsur Fokompinda dan BNPB di Pantai Talao Pauh Pariaman.

“Kita melakukan penanaman ini sebagai tindak lanjut upaya dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam upaya mitigasi bencana ancaman tsunami dan abrasi pantai, karena itulah kita sekarang melakukan penanaman seribu Pohon Pinago,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Penanaman secara simbolis dilaksanakan pukul 08.30 WIB pagi di pesisir pantai Pauh Barat Kota Pariaman, yang akan dilakukan penanaman secara simbolis oleh Deputi Pencegahan BNPB Pusat Lilik Kurniawan.

Kegiatan ini katanya, sebagai bentuk nyata untuk turut serta dalam upaya menjaga kualitas lingkungan hidup, menjaga ekosistem alam kaligus untuk melindungi wilayah pesisir pantai dari ancaman abrasi serta tsunami.

“Hal ini tindak lanjut kepala BNPB Pusat katanya, Doni Monardo ke Kota Pariaman pada akhir 2019 lalu dan kegiatan ini juga salah satu bentuk dukungan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah dalam mitigasi bencana atas ancaman tsunami dan abrasi pantai,” ujar Genius. Ia menambahkan, akan melakukan penanaman 1.000 pohon pinago, namun secara simbolis akan dilakukan penanaman sebanyak 200 pohon untuk tahap awal ini.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia akan menanam seribu pohon pinago di Kawasan Pantai Pariaman tepatnya dekat Mesjid Terapung Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman pada Rabu, 9 September 2020 besok. “Target penanam pertama adalah sebanyak 20 bibit pohon dari Dinas Pertanian Kota Pariaman. Persiapan penanaman pembuatan lobang (20 lobang) oleh peserta yang hadir,” ujarnya. (*)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional