Menu

Genius Berinovasi untuk Kemajuan Pariwisata Ko­ta Pariaman, Sektor Pariwisata Maju, Perputaran Uang Tinggi

  Dibaca : 162 kali
Genius Berinovasi untuk Kemajuan Pariwisata Ko­ta Pariaman, Sektor Pariwisata Maju, Perputaran Uang Tinggi

PASANGAN  Wali Ko­ta Pariaman H Genius Umar dengan Wakilnya, Mardison Mahyuddin se­tiap hari selalu berinovasi untuk kemajuan daerah­nya yang memiliki visi dan misi wisata dan perda­gangan. Mereka berdua berprinsip dengan maju wisata mereka otomatis ekonomi masyarakat juga meningkat. Kenapa tidak ramai warga berkunjung ke Kota Pariaman se­ma­kin banyak uang berputar dalam daerahnya. Atas dasar itu Walikota Paria­man H Genius Umar, ke­ma­rin, melakukan kun­jungan kerja ke Peme­rintah Kota Medan dan bertemu dengan Walikota Medan, Bobby A Nasution.

H Genius Umar me­nyatakan kunjungannya ini sengaja di agendakan untuk diskusi bersama dengan mengajak bebe­rapa kepala OPD Pemko Pariaman sekaligus be­lajar tentang strategi cer­das Pemkot Medan dalam upaya menjadikan ba­ngunan-bangunan tua ber­nilai sejarah menjadi heritage kunjungan pari­wisata.

“Hal ini telah terbukti dengan menariknya kon­sep penawaran wisata sejarah ini, karena di Kota Pariaman juga banyak bangunan dan benda ber­sejarah yang akan kita jadikan sebagai wisata heritage budaya,” ujar Genius.

Tak hanya itu, menu­rut Wako Pariaman itu, diskusi tersebut juga meli­puti strategi penanganan Pemko Pariaman dalam mengatur sampah, dan manajenen Pasar yang terkemas secara modern dan berbasis teknologi. Semoga harap Genius, dengan kami belajar ke Pemkot Medan ini nan­tinya membawa dampak positif atas perkem­ba­ngan Kota Pariaman.

Bahkan Pemko Paria­man dalam rangkaian ke­giatan ini juga mem­pro­mosikan produk UMKM Kota Pariaman, dan program kegiatan Wako Genius yakni menjadikan Kota Pariaman sebagai kota Water Front City, serta beberapa aspek kesuksesan pemba­ngu­nan Kota Pariaman me­lalui campur tangan Peme­rintah Pusat.

Wako Bobby Nasution dan OPD Pemko Medan sangat mengapresiasi perkembangan wisata Ko­ta Pariaman. “Kami me­ngikuti pesatnya geliat pariwisata Pariaman, apa­lagi Pak Wako-nya sangat luar biasa, punya krea­tifitas dan inovasi demi maju kota dan berge­liat­nya ekonomi masyarakat,“

Kemudian di tempat lain, Pantai Gandoriah juga dipercantik oleh Wa­likota pariaman de­ngan membuat Visual Artist asal Jakarta yang bikin mural di Muaro Pantai Gandoriah semain me­narik.

 Mural yang penuh war­­na dan mempunyai sarat makna ini, sangat memukau dan membuat kagum orang nomor satu di Kota Pariaman ini. “Ka­mi mengucapkan terima­kasih kepada saudara Her­zven yang telah datang ke Kota Pariaman dan de­ngan mandiri membuat mural di disatu sudut di muaro Pantai Gandoriah, sehingga akan semakin menambah warna Pantai Kota Pariaman,” katanya..

Kota Pariaman dengan visi sebagai Kota tujuan wisata membutuhkan kar­ya, kreasi dan inovasi baru dalam menciptakan des­tinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi wisa­tawan, baik lokal, nasional bahkan internasional. “Se­moga dengan tambahan mural yang sangat artistik ini, semakin membuat orang penasaran untuk da­tang dan berswa foto dilo­kasi Pantai Gandoriah, apalagi Herzven ini me­rupakan virtual artist yang telah banyak meng­hasil­kan karya bukan nasional lagi, tapi sudah inter­na­sional, dan Kota Pariaman sangat menyambut gem­bira akan karya ini,” ujar­nya.

Genius Umar juga ber­harap, akan bermunculan lagi talenta-talenta muda dan komunitas yang mem­beri sumbangsih bagi wi­sata Kota Pariaman de­ngan berbagai aktivitas dan karyanya, sehingga wisata Kota Pariaman, akan semakin mendunia, tutupnya.

Herzven sendiri, atau biasa dipanggil Herz, me­ru­pakan fulltime Visual Artist asal Jakarta, yang saat ini berdomisili di De­pok dan Bali. Dibidang menggambar, dirinya me­ngatakan berawal dari hobi di tahun 2008, kemu­dian menekuni hingga saat ini sebagai profesi utama, dan ia juga sudah banyak berkolaborasi de­ngan beberapa brand lo­kal maupun internasional. “Saya sudah kali kedua singgah ke Sumatra Barat, dimana yang pertama, pernah berkunjung dan menggambar di kota Pa­dang Panjang di tahun 2018 lalu, dan kunjungan kedua ini, saya  men­da­pat­kan pengalaman yang sangat menarik ketika berkunjung dan meng­gambar di Kota Pariman,” ujarnya.

Untuk pengalaman di Kota Pariaman, Herzven mengatakan sangat terke­san, karena dirinya bert­e­mu dengan beberapa te­man dan komunitas baru berkat salah satu tema­nya, Fajar (pemilik Diak­sara Coffee Corner) yang mengajak ia berkeliling dan memperkenalkan ke teman dan komunitas yang sangat asik dan ramah dalam bertukar pikiran, ulasnya.

“Banyak cerita tentang budaya Pariaman yang sangat membuat saya interest dan jatuh cinta terhadap kota ini, ditam­bah saya berjumpa de­ngan Komunitas Darak Badarak, salah satu komu­nitas lokal Pariaman yang menurut saya sangat me­ngisnpirasi karena per­gerakan-pergerakannya yang sangat progresif dan menginspiratif,” ucapnya.

Mural di Kota Paria­man ini, berawal dari ke­tidak sengajaanya ketika melewati bangunan di sudut muaro Pantai Gan­doriah, yang mengins­pirasinya bahwa bangu­nan tersebut, akan sangat menarik jika digambar dengan karya yang full­color, dimana mural ter­sebut menggambarkan tentang semangat, kera­mahan, eforia yang positif serta keceriaan warga Pariaman yang ia rasakan setelah beberapa hari dirinya berlibur di kota ini, katanya.

Setelah itu Walikota Pariaman H Genius Umar juga  menerima kunjungan Deputi (Vice President) PT Pegadaian (Persero) Wila­yah Sumatera Barat, Ja­nuardi, bersama Pimpinan Cabang (Pinca) Pegadaian Padang, Sawaludin Ib­rahim di Pantai Cermin, Kelurahan Lohong, Keca­matan Pariaman Tengah.

Pada kesempatan ter­sebut, Genius Umar, me­minta agar PT Pegadaian Sumbar, dapat membuat taman di lokasi Pantai Cermin ini,  dengan meng­gunakan dana CSR (Corporate Sosial Responsibility) nya, dan permintaan orang nomor satu di Kota Pariaman ini, disanggupi oleh pihak Pegadaian. “Taman Pegadaian ini nantinya ditujukan untuk permainan anak-anak, sehingga destinasi wisata Kota Pariaman semakin berwarna dan memiliki kekhasan tersendiri, “ ungkapnya. “Semoga de­ngan sinergi antara semua pihak dalam membangun Kota Pariaman, Kota Pa­ria­man akan semakin ma­ju dan mendunia,” ujarnya lebih lanjut.

Genius Umar yang ju­ga didampingi oleh Ang­gota DPRD, Jonasri, A­sisten I, Yaminurizal, dan beberapa Kepala OPD ini, saat itu sedang melakukan gotong royong  bersama BPBD dan Dinas Perkim Lingkungan Hidup, se­hingga rombongan Pega­daian yang datang dari Padang ini, ditemui beliau di Pantai Cermin ini.

Deputi PT Pegadaian Wilayah Sumatera Barat, Januardi, mengatakan bah­wa Kota Pariaman sejak dipimpin oleh Wali­kota nya Genius Umar, telah menjelma menjadi Kota yang diperhitungkan di tingkat Nasional, karena itu pihaknya ingin berte­mu sekaligus bersilatu­rahmi dengan Walikota Pariaman, Genius Umar. “Banyak ilmu dan masu­kan yang beliau sampai­kan kepada kami, dan akan menjadi catatan bagi kami nantinya di PT Pega­daian Wilayah Sumatera Barat. Khusus permintaan pak Wali terhadap CSR Taman di Pantai Cermin ini, segera akan kami tin­dak lanjuti,” tukasnya. Januardi mengatakan bah­wa PT Pegadaian mem­punyai beberapa program dan kegiatan, dan ked­e­pan, agar Kota Pariaman dapat menjalin kerjasama dengan pihaknya, untuk membesarkan Pegadaian di Provinsi Sumatera Ba­rat. (**)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional