Menu

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Agam, Warga Berhamburan Keluar Rumah

  Dibaca : 109 kali
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Agam, Warga Berhamburan Keluar Rumah
Gempa bumi dengan kekuatan 5,3 magnituo mengguncang Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) pada Minggu (12/9) pukul 16.02 WIB. Bahkan, guncangan gempa juga terasa di beberapa wilayah hingga ke Kota Padang.

AGAM, METRO–Gempa bumi dengan kekuatan 5,3 magnituo mengguncang Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar) pada Minggu (12/9) pukul 16.02 WIB. Bahkan, guncangan gempa juga terasa di beberapa wilayah hingga ke Kota Padang.

Badan Meteorologi, Kli­ma­tologi dan Geofisika (BMKG) merilis, gempa tersebut terjadi pada keda­laman 29 kilometer. Pusat gempa itu, tulis BMKG, yaitu berada pada 0.52 Lintang Selatan (LS) dan 99.64 Bujur Timur (BT) atau tepatnya 49 kilometer Ba­rat Daya Ka­bupaten Agam, Sumatra Barat (Sum­­bar).

Menurut BMKG, gempa de­ngan magnitudo 5,3 ter­sebut tidak berpotensi tsunami. “Hati-hati dengan gempa susulan yang mu­ng­kin terjadi,” tulis BMKG di situs https://war­ning.­bmkg.go.id/.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Agam, Mu­hammad Lutfi menga­takan, seluruh satuan tu­gas sedang melakukan pendataan di lapangan untuk memastikan adanya kerusakan pasca gempa bermagnitudo 5,3 terjadi.

“Sampai saat ini belum ada informasi adanya ke­ru­sakan akibat gempa. Tapi memang masih dilakukan pengecekan di lapangan dan melalui kon­tak seluruh jo­rong di Agam,” ungkap Lutfi.

Lutfi mengakui getaran gempa cukup kuat dira­sa­kan di wilayah Kabupaten Agam. Sejumlah masya­rakat, khususnya di wila­yah Tiku berlarian keluar rumah saat gempa terjadi. Namun, saat ini semua warga sudah kembali ke rumah masing-masing.

“Kita telah meminta masyarakat untuk kembali ke rumah dan tidak panik. Tidak ada yang sampai mengungsi. Yang jelas, kita masih terus memantau dan mengimbau masya­rakat waspada gempa su­sulan,” ujarnya. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional