Menu

Gembong Curanmor Lintas Sumatera Diringkus

  Dibaca : 1980 kali
Gembong Curanmor Lintas Sumatera Diringkus
SERTIFIKAT— Delapan pelaku UMKM menerima sertifikat halal gratis dari Badan Pengelola Jaminan Produk Halal (BPJPH) di Kantor Kemenag Sawahlunto.
Personil Polsek Sungai Pag saat menggiring dua pelaku Curanmor Ambo dan Jubir ke MApolsek usai ditangkap Sabtu Dinihari

Setelah menjadi buronan lebih dari setahun, empat pelaku curanmor yang kerap beraksi lintas Sumatera berhasil diringkus polisi Sabtu (24/10/2015) dinihari. Gembong curanmor ini dikenal sadis.

SOLSEL, METRO–Setelah menjadi buronan lebih dari setahun, empat pelaku curanmor yang kerap beraksi lintas Sumatera berhasil diringkus polisi Sabtu (24/10) dinihari. Gembong curanmor yang dikenal sebagai gembong Jubir ini diamankan tanpa perlawanan, padahal saat beraksi para pelaku ini terkenal sadis dan tidak pandang bulu dalam memilih korban.

Informasi yang dihimpun POSMETRO, seiring tertangkapnya empat gembong curanmor oleh Jajaran Polsek Sungai Pagu ini, petugas juga berhasil menyita dua unit sepeda motor jenis Yamaha Mio Soul dan Suzuki Satria FU yang diduga hasil kejahatan para pelaku curanmor tersebut selama buron.

Keempat pelaku curanmor ini yakni, Neldi Putra alias Ambo atau Buya (30) asal Sapan Sari Nagari Alam Pauah Duo, Kecamatan Pauah Duo, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) yang diduga kuat sebagai otak pelaku curanmor dan Nofendrianto alias Jubir (22), warga Sungai Talu, Nagari Sako Selatan Kecamatan Sungai Pagu.

Usai menciduk dua eksekutor tersebut, dua orang yang menjadi penadah, Sukardi (21), warga Jorong Timbulun, Nagari Lubuak Gadang, Kecamatan Sangir dan Zulfadriadi (29), warga Pekonina, Nagari Alam Pauah Duo, Kecamatan Pauah Duo berhasil diringkus setelah dilakukan pengembangan.

Penangkapan terhadap empat pelaku ini bermula saat jajaran Polsek Sungai Pagu mulai melakukan operasi untuk menangkap para pelaku ini Sabtu (24/10) dinihari sekitar pukul 00.00 WIB. Setelah mendapatkan informasi yang pasti, rombongan langsung bergerak menuju rumah Neldi Putra yang diduga kuat sebagai otak pelaku curanmor ini yang berada di Jorong Sapan Sari.

Tanpa perlawanan, Ambo berhasil diamankan oleh Polisi dari rumah orangtuanya di Sapan Sari. Sempat ditahan orangtuanya, namun Ambo dibiarkan ditangkap setelah diperlihatkan surat penangkapan. Usai mengamankan Ambo, dia pun bernyanyi dan membeberkan teman yang ikut mencuri motor bersamanya.

Dari pengembangan tersebut, polisi bergerak untuk menangkap pelaku Jubir di Sungai Talu. Saat didatangi, dia sedang tidak berada di rumah dan pengakuan orangtuanya, Jubir menginap di salah satu pencucian mobil karena dia kesehariannya beraktifitas sebagai sopir tembak travel liar. Tak berselang lama, pelaku kedua berhasil diamankan dari lokasi pencucian mobil ini.

Kedua pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Sungai Pagu untuk pengembangan. Kemudian, saat diinterograsi oleh petugas, dua pelaku yang tertangkap ini menyebut nama Adi (Sukardi), warga Timbulun yang diduga sebagai penadah barang hasil curiannya. Tidak menunggu lama, polisi langsung bergerak menuju lokasi rumah Adi yang berada di Timbulun, Sangir dan mengamankan Adi bersama barang bukti satu unit sepeda motor Mio.

Tidak ingin jaringan Jubir ini terputus, petugas lantas mendapati satu nama lagi yakni, Zulfadriadi, warga Pekonima berdasarkan pengakuan Sukardi. Adanya informasi dari pemeriksaan tersebut, kembali jajaran Polsek Sungai Pagu berangkat menuju lokasi tempat kediaman pelaku yang diduga sebagai penadah ini dan mengamankan barang bukti satu unit motor Satria FU dan dibawa ke Mapolsek.

Kapolres Solsel, AKBP Ahmad Basahil SiK melalui Kapolsek Sungai Pagu, AKP Lija Nesmon kepada POSMETRO, Sabtu (24/10) siang mengatakan, berhasilnya penangkapan terhadap empat pelaku curanmor ini berkat informasi dari masyarakat yang melihat tersangka Neldi Putra yang pulang ke rumah orangtuanya.

Mendapat informasi tersebut, petugas langsung bergerak dan memang saat diamankan pelaku ini sedang tidur di rumah orang tuanya. Pelaku ini sudah menjadi buronan polisi sejak satu tahun lalu karena aksinya mencuri kendaraan bermotor. “Neldi Putra ini diduga kuat sebagai otak pelaku curanmor yang selama ini meresahkan masyarakat,” ujar Lija Nesmon.

Dijelaskannya, dari hasil pengembangan kepada Ambo ini, terus kembali ditangkap temannya,  Jubir yang ikut serta beraksi saat melakukan curanmor. Dari kedua ini terus dikembangkan dan kami berhasil mengamankan dua orang yang diduga kuat sebagai penadah hasil kejahatan mereka.

Dari pengakuan Ambo kepada polisi, dia baru dua kali melakukan aksi curanmor di Solsel, yang pertama di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan satu di Kiambang, Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu dengan motor curan jenis Yamaha Mio Soul. “Motor yang dicuri ini satu unit dijual kepada Adi di Timbulun dan satu lagi kepada Ucok yang saat dihubungi Ambo mengaku berada di Pekanbaru,” ungkapnya.

Namun, petugas sendiri tidak akan mudah percaya dari pengakuan para pelaku, ternyata saat dia bernyanyi ketika ditangkap penadahnya, petugas malah mendapatkan satu unit Satria FU yang katanya berasal dari Sijunjung. Selain itu, saat terus dilakukan pengembangan pelaku ini kembali mengakui ada satu Barang Bukti yang telah dijual ke Kerinci Provinsi Jambi.

“Intinya, saat ini kami terus melakukan pengembangan untuk mencari jaringan curanmor yang selama ini meresahkan masyarakat di Solsel, Kami berharap kepada masyarakat untuk selalu waspada dan memberikan kunci doble kepada kendaraannya. Selain itu, jika ada kendaraan yang mencurigakan laporkan kepada polisi,” tukasnya.

Ditambahkan, saat ini empat pelaku bersama barang bukti dua unit sepeda motor sudah diamankan di Mapolsek untuk pengembangan lebih lanjut. Kemudian, petugas menyebut para pelaku ini kerap beraksi lintas Sumatera, mulai dari Medan hingga ke Palembang dan terkenal sangat licin.

“Peran serta dan informasi masyarakat sangat membantu untuk mengungkap kejatahan, untuk itu masyarakat agar memberikan informasi kepada polisi, sekecil apapun informasi itu akan sangat berarti bagi polisi untuk mengungkap kejahatan,” pungkasnya. (afr)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional