Close

Gemar Makan Ikan, Kukuhkan FORIKAN Padangpariaman

HADIRI—Bupati PadangpariamanSuhatri Bur hadiri pelantikan Forikan.

Bupati Padangpariaman Suhatri Bur menyatakan dalam rangka menyatu padukan gerak dan langkah semua unsur terkait, serta sebagai pertanggungjawaban terhadap suksesnya gerakan peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten  Padangpariaman, baik dari kalangan pemerintah, swasta maupun masyarakat.  “Se­karang telah dibentuk kepengurusan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Padangpariaman,” kata Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, kemarin.

FORIKAN berdiri berda­sarkan Keputusan Bupati Pa­dangpariaman nomor : 66/KEP/BPP/2022 tanggal 8 Februari 2022. “Sekarang kita telah mengukuhkan pengurus FORIKAN Kabupaten Padang­pariaman masa bhakti tahun 2022  2024,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan adalah suatu lembaga yang akan berperan sebagai inspirator, kreator, motivator, dan aktivator terhadap gerakan memasyarakatkan makan ikan (GEMARIKAN) dengan melibatkan berbagai komponen, baik dari pihak pemerintah maupun organisasi masya­rakat.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padang­pariaman Khairul Nizam melaporkan latar belakang lahir­nya FORIKAN tingkat Kabupa­ten Padangpariaman, karena masih rendahnya tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Pa­dang­pariaman, jika dibandingkan dengan tingkat konsumsi ikan di Kabupaten dan Kota lain.

“Tahun 2021 tingkat konsumi ikan masyarakat Kabupa­ten Padangpariaman sebesar 43,85 kg/kapita/tahun. Disam­ping itu, Pemerintah Daerah dan FORIKAN Kabupaten Pa­dang­paria­man, juga telah membentuk FORIKAN Kecamatan yang di­ke­tuai oleh Ketua Tim Pengge­rak PKK Kecamatan,” jelas Khairul.

Dikatakannya, program kerja FORIKAN Kecamatan adalah ikut serta berpartisipasi dalam mensukseskan program kerja FORIKAN Kabupaten Padangpariaman

Kemudian menyusun program kerja yang berpedoman kepada program kerja FORIKAN Kabupaten untuk dapat dilaksanakan pada masing-masing Kecamatan.

Di samping itu, program kerja FORIKAN Kecamatan disinergikan dengan program PKK Kecamatan.

Melalui implementasi program GEMARIKAN oleh FORIKAN, diharapkan tercapai visi FORIKAN. Yaitu, menjadikan ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan sehari-hari di Kabupaten Pa­dangpariaman.

Serta tercapainya misi FORIKAN, yaitu mewujudkan masyarakat Padangpariaman untuk mengkonsumsi ikan se­tiap hari dalam menu keluarga,” tukasnya.

Kemudian Bupati Padangpariaman Suhatri Bur mengucapkan selamat kepada Kepe­ngurusan FORIKAN Kabupaten Padangpariaman yang telah dikukuhkan.

Melalui kepengurusan FO­RIKAN Kabupaten Padangpariaman masa bhakti tahun 2022-2024 yang baru saja dikukuhkan.

Suhatri Bur mengajak bersama-sama dengan komponen lainnya, untuk mewujudkan visi Padangpariaman berjaya. Menjadikan Kabupaten Pa­dang­pariaman yang unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya.

“Diharapkan semua pengurus FORIKAN dapat menjalankan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, dalam rangka pe­ningkatan konsumsi ikan ma­syarakat Kabupaten Pa­dang­pariaman. Sehingga, ke­de­pannya akan lahir generasi yang sehat cerdas dan berkua­litas, dengan banyak mengkonsumsi ikan. Sehingga, visi Kabupaten Padangpariaman berjaya da­pat kita wujudkan,” u­lasnya.

Setelah pengukuhan Pe­ngurus, dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi (Rakor) FORIKAN yang menghadirkan tiga orang narasumber diantaranya, Ketua FORIKAN yang juga Ketua TP. PKK Kabupaten Padangpariaman Ny. Yusrita Suhatri Bur. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Padangpa­riaman Khairul Nizam memaparkan kebijakan dinas perikanan tentang program gemarikan. Kepala Dinas Kesehatan  Yutardi Rivai menyampaikan materi tentang pencegahan stunting dengan mengkonsumsi ikan.(efa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top