Menu

Gelombang II Langsung Memakai Ihram

  Dibaca : 60 kali
Gelombang II Langsung Memakai Ihram
ilustrasi haji (Dok.shutterstock.com)

TABING, METRO – Tak seperti gelombang I, gelombang II Jamaah Calon Haji (JCH) Embarkasi Padang langsung memakai pakaian ihram begitu naik ke atas pesawat. Meski berpakaian ihram, mereka masih bisa memakai jaket ataupun pengaman lainnya.

Tindakan ini diambil untuk menghindari kerepotan mencari ruang ganti di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Semua JCH gelombang memang langsung menuju Makkah dan langsung miqat di Jeddah untuk melaksanakan umrah perdana.

“Jadi kalau berganti pakaian ihram di bandara, bisa dibayangkan panjangnya antrian di ruang ganti. Untuk menghindari hal tersebut, maka JCH harus berpakaian ihram dari Tanah Air,” kata Plt. Kakanwil Kemenag Sumbar, H. Irwan, yang didampingi Kabid PHU, Efrizal, Minggu (21/7).

Irwan mengatakan, gelombang ke-2 hanya ada empat kloter yakni kloter 15 sampai 18. Jika gelombang pertama bisa ke Madinah dulu, maka gelombang ke-2 ke Madinah setelah mereka bergelar haji.

Sementara Kloter XV sudah diterbangkan ke Tanah Suci, Sabtu (20/7). Mereka merupakan JCH gabungan dari Kota Payakumbuh 240 jamaah, Kota Pariaman 108 jamaah, Kota Padang 34 jamaah, satu TPHD, dan lima petugas kloter. Total kloter 15 sebanyak 388 jamaah.

“Jamaah yang batal atau tunda berangkat ada 6 jamaah. Satu diantaranya harus dirujuk ke M. Djamil Padang tadi malam dari Klinik Asrama Haji Embarkasi Padang, atas nama Yunimar Lutan Ahmad Binti Lutan (86) asal Padang Tiakar Hilir Kota Payakumbuh. Ia harus dirujuk ke Rumah Sakit M. Djamil sesaat setelah sampai di Asrama Haji. Yang bersangkutan didiagnosa penurunan kesadaran ec. Enselopati Post Syok Hipovolemik,” tambah Irwan.

Sedangkan kloter 16 dilepas langsung anggota DPD RI, Leonardy Harmaini. Kloter 16 merupakan jamaah gabungan dari Kab.Padang Pariaman sebanyak 300 jamaah, 83 dari Padang, satu TPHD, dan lima petugas kloter. Total jamaah yang berangkat 389 jamaah. (mil)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional