Menu

Geliat Pariwisata Bangkitkan Ekonomi di Era Normal Baru

  Dibaca : 133 kali
Geliat Pariwisata Bangkitkan Ekonomi di Era Normal Baru
DIALOG— Bupati Ali Mukhni dan Wabup Suhatri Bur saat dialog dengan Gubernur Irwan Prayitno tentang kemajuan daerah dalam bidang wisata.

PDGPARIAMAN, METRO
Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni pasca pandemi covid 19 saat berberapa objek wisata dalam daerahnya mulai bangkit dan menggeliat kembali. “Objek wista dalam Kabupaten Padangpariaman dapat mendukung kemajuan ekonomi masyarakat khusus warga sekitar lokasi objek wisata,” kata Bupati Padangpariaman H Ali Mukhni, kemarin.

Katanya, objek wisata dalam daerahnya adalah satu aset yang sangat berharga disamping untuk peningkatan ekonomi ke depan juga dapat menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Karena itu kita meminta kepada semua masyarakat untuk bersama-sama memajukan pariwisata Padangparaiaman, karena asetnya sangat bagus dan menarik untuk dinikmati,” ungkapnya.

Apalagi katanya, di Kabupaten Padagpariaman sangat banyak objek wisata yang siap memanjakan para pengunjung dan dinanti dengan ragam makanan khas daerah ata kuliner sambal kapalo ikan.

Seperti di Tiram Kecamatan Ulakan Tapakis sangat bisa memanjakan para pengunjung. “Saya melihat di era tatanan normal baru ini, geliat pariwisata semakin menjanjikan.

”Namun saya meminta kepada masyarakat agar selalu patuhi protokoler Covid-19,” ungkapnya.

Apalagi,  pariwisata merupakan kegiatan kompleks yang melibatkan banyak pihak, mulai dari pemerintah hingga  lapisan masyarakat terbawah.

Meski katanya, bersifat kompleks, melihat potensi ekonomi yang ditimbulkan, bahkan sekarang menjadi sektor perekonomian global, banyak pihak berlomba-lomba mengembangkan termasuk daerahnya.

“Atas dasar itulah, Pemkab Padangpariaman berupaya membangkitkan pariwisata, tidak saja dari segi sektor pembangunan infrastruktur tetapi juga kesadaran masyarakat terhadap pariwisata,” ujarnya.

Dikatakan, upaya ini tentu tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang lama, karena harus melewati tahapan serta menghadapi banyak pihak.

“Sekarang upaya yang kita lakukan di antaranya pengenalan manfaat objek wisata kepada masyarakat, pengelolaan objek wisata serta sikap sadar wisata dari masyarakat agar menghadapi wisatawan dengan ramah,” ungkapnya.

Saat itu katanya, sekitarr 93 lokasi, beberapa di antaranya telah pantas dikunjungi oleh wisatawan. Puluhan objek wisata itu ada yang berupa wisata religi, budaya, alam dan wisata buatan.

Di antaranya Lubuk Nyarai, Rafting, Pantai Katapiang, Pantai Tiram, Pantai Arta, Makam Syekh Burhanuddin, Pemandian Rumah Putiah, Anai Resort serta sejumlah air terjun dan pemandangan alam dari ketinggian.

Sementara itu Kadis Pariwisata Padangpariaman Jon Kenedi menyatakan dalam bidang pengelolaan, objek wisata di Padangpariaman sebagian besar dikelola oleh kelompok sadar wisata (pokdarwis) yang saat ini berjumlah 23 kelompok.

Pokdarwis tersebut dilatih oleh Disparpora agar mahir dalam mengelola objek wisata yang berada di daerahnya sekaligus bertujuan agar  masyarakat berperan aktif untuk mengembangkan pariwisata.

Selain itu, anggota kelompok juga mendapatkan pendapatan dari usaha pengelolaan objek wisata yang mereka lakukan. Pariwisata berbasiskan masyarakat tersebut juga menjadi solusi pengelolaan objek wisata di Padang Pariaman yang sebagian besar berada di atas tanah ulayat.

“Kami sering melaksanakan pelatihan terhadap pokdarwis dan seminar bidang kepariwisataan yang pesertanya walinagari,” ujarnya.

Dampaknya pendapatan asli daerah (PAD) pun mengalami peningkatan. Tahun 2019 mencapai Rp2,7 miliar dari pajak rumah makan, Rp1,5 miliar dari parkir, Rp276 juta dari hiburan serta Rp167,9 juta dari penginapan dan akomodasi.

“Pendapatan terbesar dari sektor pariwisata di Padangpariaman bukanlah berupa PAD, melainkan pendapatan langsung yang dirasakan oleh warga setempat, baik sebagai pemandu wisata maupun pedagang kuliner,” tambahnya mengakhiri. (efa)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional