Menu

Gelar Sangsako untuk Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto Bergelar Tuanku Rajo Sinaro Basa

  Dibaca : 196 kali
Gelar Sangsako untuk Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto Bergelar Tuanku Rajo Sinaro Basa
MALEWAKAN GELAR— Prosesi malewakan pemberian gelar Sangsako kepada  Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs Toni Harmanto oleh Ketua KAN Paninjauan, Gustiar Djamal Dt Sinaro Panjang, Senin (28/6) di Gedung Balai Adat Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar.

PADANG, METRO–Ninik Mamak Nan Salapan Puluah Nagari Paninjauan Kabupaten Tanah Datar memeberi­kan gelar sangsako kepada Kapolda Sum­bar dengan gelar, Irjen Pol Drs Toni Harmanto Tuanku Rajo Sinaro Basa, MH. Prosei malewakan gelar tersebut dilaksa­nakan, Senin (28/6) di Gedung Balai Adat Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar

Proses malewakan ge­lar sangsako adat dilaksa­nakan oleh Ketua Kera­patan Adat Nagari (KAN) Paninjauan, Gustiar Djamal Dt Sinaro Panjang. Makna dari gelar tersebut, yakni, Tuanku, merupakan pang­gilan kehormatan bagi orang yang dihormati di Mi­nangkabau. Rajo artinya, penguasa yang punya rak­yat yang disegani, Sinaro, artinya bersinar atau ber­cahaya cemerlang, Basa, artinya, besar dan luas. Baik daris egi ilmu, penga­laman dan wawasan.

Gelar sangsako juga diberikan kepada Ketua Bhayangkari Daerah Sum­bar, berupa Ny Yesika Toni Harmanto Rangkayo Siti Aminah. Maknanya, Rang­kayo, sebagai orang yang berada dan terpandang, Siti, artinya panggilan ke­hor­matan untuk perem­puan di Minangkabau dan Aminah artinya, meru­pa­kan nama ibu dari Rasul­lullah Muhammad, SAW, yang dipercaya meme­gang amanah.

Penganugerahan gelar sangsako itu diserang­kai­kan pula dengan batagak  gala yang dihelat KAN Paninjauan untuk H. Das­rial Syamsuar Dt Saidi Dirajo, Arya Kurniawan Dt Marajo, Zulfahmi  Dt Rajo Putiah, Sudarman Dt Ma­lano Basa Nan Sati, dan Muhammad Fadli  Dt Pa­ngulu Basa.

Gubernur Sumbar, Mah­­yeldi Dt Marajo me­nga­takan, pemberian gelar sangsako kepada Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH, karena be­liau dipandang mampu, memiliki kinerja yang baik dalam memberikan pela­yanan kepada masyarakat. “Kapolda, Toni juga telah menjaga keamanan, keten­traman, dan ketertiban masyarakat dengan baik,” sebut Mahyeldi.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH mengucapkan terima ka­sih, karena telah diberi kepercayaan untuk me­nyandang gelar sangsako adat itu. Hal ini merupakan wujud dari amanah yang diberikan kepada dirinya beserta istri.

Ini bentuk kepercayaan yang diberikan kepada kami. Semoga  amanah ini dapat kami jalankan. Bisa menjadi niniak mamak yang  bersikap adil, se­hingga dapat pula mele­takk­an hukum pada tem­patnya, ujar Toni.

Toni mengungkapkan ketika dirinya bertanya kepada Ninik Mamak Pa­nin­jauan terkait alasan pemberian gelar itu, ninik mamak memandang ke­ber­hasilannya dalam men­jaga kamtibmas dan syiar agama, sehingga mampu  menjadi teladan bagi ang­gota dan masyarakat.

“Sebagai manusia bia­sa, tentu saya harus bisa menjaga perasaan dan hati pengagas pemberian gelar ini. Apa yang telah saya lakukan, itu meru­pakan ba­gian dari usaha saya dalam melaksanakan tugas de­ngan sebaik-baik­nya di  Sum­bar. Saya tulus dan ikh­las dalam bertugas, sebagai wujud kecintaan saya terha­dap Sumbar, sebutnya.

Dengan telah dianu­gerahi gelar sangsako adat itu, Toni berharap, dirinya  bisa menunaikan amanah sebaik-baiknya, menjadi pemimpin yang  selalu menyinari, menuntun sia­papun ke jalan yang benar, meraih limpahan rezeki dari Allah SWT, limpahan kesejahteraan dan ke­ba­hagiaan dari dunia sampai ke akhirat kelak.

“Begitu pula terhadap istri saya yang diberi gelar Rangkayo Siti Aminah. Itu artinya selalu memiliki sifat-sifat kemuliaan, ke­san­tunan layaknya ibunda Nabi Muhammad SAW yang da­pat memberi manfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara, ujarnya.

Dalam kesempatan itu Toni juga mengingatkan seluruh masyarakat untuk mentaati protokol kese­ha­tan (Prokes) Covid-19 da­lam rangka mengan­tisi­pasi penyebaran Covid-19. Apa­lagi belakangan, kasus posi­tif Covid-19 kem­bali me­ningkat di Indonesia, ter­masuk Sumbar dan ini sa­ngat membutuhkan kesa­daran semua pihak. (fan)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional