Menu

Gelar Pertemuan dan Aneka Lomba, Forikan Tingkatkan Konsumsi Ikan

  Dibaca : 85 kali
Gelar Pertemuan dan Aneka Lomba, Forikan Tingkatkan Konsumsi Ikan
BERIKAN—Ketua Forikan Kota Padang memberikan makanan bermenu ikan kepada murid TK. (IST)

PADANG, METRO – Hampir sama tiap tahunnya, kegiatan Pertemuan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Padang kembali digelar tahun 2019 ini. Kegiatan yang diselenggarakan Pemko Padang melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) yang bekerjasama dengan Forikan dilangsungkan di Rumah Dinas Wali Kota Padang, Selasa pagi (12/11).

Acara ini terasa penting karena juga dihadiri langsung Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Khairuz Eliza.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Khairuz Eliza mengaku, menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya kegiatan tersebut. Ia pun juga memuji keseriusan Forikan Padang terlihat aktif dan proaktif dalam mengajak dan menggerakkan ibu-ibu Forikan menjalankan tugas dan fungsinya secara baik sejauh ini.

“Yang kami lihat yaitu Forikan cukup intens mengajak masyarakat untuk gemar memakan ikan selaku menu yang sehat bagi tubuh kita. Alhamdulillah, sehingga dengan demikian semoga terciptanya masyarakat khususnya generasi muda yang sehat dan cerdas di Kota Padang,” sebutnya.

Sementara, Asisten Administrasi Didi Aryadi mengatakan, Pemko Padang menyambut baik Pertemuan Forikan Padang 2019. Kegiatan ini sangat bermanfaat khususnya dalam menggalakkan semangat gemar memakan ikan yang memang memiliki banyak sekali vitamin dan proteinnya.

“Oleh sebab itu, kita menginginkan bagaimana masyarakat khususnya generasi muda di Kota Padang senantiasa gemar memakan ikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan itu harus dimulai sejak dini,” ujarnya.

Didi melanjutkan, melalui kegiatan Pertemuan Forikan yang beragendakan lomba memasak masakan dengan ikan tersebut tentunya ke depan harus terus ditingkatkan hingga masa yang akan datang.

“Sehingga ke depan, generasi muda Kota Padang rata-rata menjadi generasi yang kuat dan cerdas. Jadi, tidak ada lagi generasi kita yang terhambat perkembangannya baik secara fisik ataupun intelegensi. Untuk itu, mari sama-sama kita galakkan gemar memakan ikan bagi masyarakat khususnya pada generasi muda,” imbau Didi.

Ketua Forikan Padang Ny Harneli mengatakan, dengan banyaknya mengkonsumsi ikan dan memvariasikan menu masakan ikan diharapkan menambah kemauan generasi muda Padang untuk gemar memakan ikan.

“Alhamdulillah, dalam hal ini Forikan Padang juga bekerjasama dengan PAUD, TK dan SD. Kemudian didukung DKP Padang dalam hal pemberian bantuan konsumsi pangan ikan dan lainnya,” harapnya.

Kepala DKP Padang Guswardi menyebutkan, upaya meningkatkan gizi masyarakat Kota Padang serta minat untuk mengkonsumsi ikan memang perlu terus digalakkan melalui berbagai kegiatan salah satunya melalui agenda Pertemuan Forikan Padang.

Ia berharap, melalui pencanangan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) sebagai gerakan nasional diharapkan dapat dilakukan secara terus menerus di Kota Padang, terkonsep, terintegrasi, dan melibatkan seluruh komponen. Seperti bagi instansi pemerintah pusat dan daerah, swasta, LSM, asosiasi, lembaga profesional, lembaga kemasyarakatan, lembaga keagamaan dan pelaku usaha.

“Sehingga dengan upaya itu mampu membangunkan kesadaran masyarakat untuk memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan keluarga. Maka dari itu DKP Padang bersama Forikan Kota Padang menggelar Pertemuan Forikan Kota Padang 2019,” ujarnya. (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional