Menu

Gelar Musyda Ke-IV dengan e-Voting, Khairul Amri Resmi Pimpin Pemuda Muhammadiyah 2018-2022

  Dibaca : 480 kali
Gelar Musyda Ke-IV dengan e-Voting, Khairul Amri Resmi Pimpin Pemuda Muhammadiyah 2018-2022
FOTO BERSAMA—Ketua Terpilih, Khairul Amri (tengah) foto bersama didampingi Sekretaris, Isman (kanan), S.H.I dan Bendahara, Ilka Saputra, SIP.

DHARMASRAYA, METRO
Musyawarah Pemuda Muhammadiyah ke IV Kabupaten Dharmasraya, Sumatra Barat (Sumbar) telah resmi memilih Khairul Amri, SH. MH menjadi Ketua setelah terpilih melalui e-voting yang dilaksanakan di Komplek Perguruan Muhammadiyah Kubang Panjang Pulau Punjung Minggu (24/1).

Dalam musyawarah daerah itu Ketua terpilih Khairul Amri, SH. MH, Sekretaris Isman dan Bendahara Ilka Saputra, SIP dan 8 orang formatur terpilih yang dihadiri oleh Bendahara Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah, Elyusra Muallimin, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah, Yos Rizal selaku Koordinator Tim, Fahrul Lubis, Firman Arif, Roni Hidayat, Anasrul. Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Pimpinan Cabang, Ranting Pemuda Muhammadiyah.

Pemilihan formatur yang dilaksanakan secara e_Voting tersebut diikuti oleh 48 peserta dari sebelas Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah se Kabupaten Dharmasraya.

Sementara untuk formatur yang terpilih antara lain yaitu Ruzi Rinaldi, Muluk Sayuti, Apridoni, Deri Chopriko, Roni Islmail, Farid Rizaldi dan Rio Bastian.

Ketua terpilih khairul Amri saat ditemui POSMETRO pada Senin (25/1) menyampaikan terima kasih atas suksesnya kegiatan Musyda Pemuda Muhammadiyah Ke IV dan diberi kepercayaan sebagai Ketua.

“Besar harapan kita bersama Pemuda Muhammadiyah Dharmasraya kedepan dapat memberikan kontribusi besar dan dapat membangun sinergitas untuk kemajuan Kabupaten Dharmasraya,” katanya.

Khairul menjelaskan bahwa Muhammadiyah memahami bahwa Islam memiliki pandangan tentang masyarakat yang dicita-citakan, yakni masyarakat Islam yang sebenar- benarnya.

Dalam pesan Al- Quran (QS. Ali Imran ayat 110; Al Baqarah ayat 143), masyarakat Islam yang diidealisasikan merupakan perwujudan khaira ummah (umat terbaik) yang memiliki posisi dan peran ummatan wasatha (umat tengahan), dan syuhada ‘ala al-nas (pelaku sejarah) dalam kehidupan manusia.

Masyarakat Islam adalah suatu masyarakat yang di dalamnya ajaran Islam berlaku dan menjiwai seluruh bidang kehidupan yang dicirikan oleh ber-Tuhan dan beragama, berpersaudaraan, berakhlak dan beradab, berhukum syar’i, berkesejahteraan, bermusyawarah, berihsan, berkemajuan, berkepemimpinan, dan berketertiban.

“Dengan demikian masyarakat Islam menampilkan corak yang bersifat tengahan, yang melahirkan format kebudayaan dan peradaban yang berkeseimbangan dan ini termaktub dalam Tanfidz Keputusan Muktamar ke-46 di Yogyakarta, tahun 2010,” ungkapnya.

Khairul Amri menambahkan, Cita-cita masyarakat Islam yang diidealkan oleh Muhammadiyah juga secara otomatis menjadi idealisme perjuangan Pemuda Muhammadiyah.

“Bagi Muhammadiyah, masyarakat Islam itu adalah sebuah corak keberislaman yang wasathiyah -tengahan- dengan format kebudayaan dan peradaban yang berkesinambungan. Muhammadiyah memandang perlunya sebuah masyarakat Islam yang mengandung nilai-nilai kemajuan untuk mewujudkan kehidupan umat manusia yang tercerahkan, “ tegasnya

Kemajuan dalam pandangan Islam sambungnya adalah kebaikan yang serba utama, yang melahirkan keunggulan hidup lahiriah dan ruhaniah.

“Dari kerangka pikir rumusan Muhammadiyah itulah, saya merenung bahwa Pemuda Muhammadiyah dalam periode ini memandang pentingnya menanamkan kembali nilai-nilai ke-Islaman yang menjadi falsafah Muhammadiyah kepada kader Pemuda Muhammadiyah di berbagai jenjang dalam berbagai forum dan perkaderan di Pemuda Muhammadiyah,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjutnya menghadirkan kembali pikiran-pikiran otentik Muhammadiyah mengenai ke-Islaman adalah sebuah keharusan dalam mengukir kerja-kerja Pemuda Muhammadiyah.

“Pemuda Muhammadiyah harus tetap menjaga bandul pikiran ke-Islaman Muhammadiyah yang bercorak wasatiyah itu di tengah tarikan kepentingan-kepentingan jangka pendek, “ pungkasnya.

Sementara itu, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Dharmasraya Muallimmin JBA menegaskan bahwa ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi organisasi Muhammadiyah besar harapan dengan nahkoda yang baru di Pemuda Muhammadiyah Dharmasraya dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam memajukan daerah ini kedepannya nanti. (g)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional