Menu

Gelar IT Summit 2021, DPJ Ajak Masyarakat Kembangkan Sistem Perpajakan

  Dibaca : 69 kali
Gelar IT Summit 2021, DPJ Ajak Masyarakat Kembangkan Sistem Perpajakan
DJP IT SUMMIT VIRTUAL— Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan sambutan saat pembukaan DJP IT Summit 2021 secara virtual. Kegiatan ini sebagai ajang berbagi masukan dari pakar teknologi untuk pengembangan sistem perpajakan DJP yang maju, adil, dan efisien di masa mendatang.

JAKARTA, METRO–Direktorat Jenderal Pa­jak (DJP) menyeleng­ga­rakan DJP IT Summit 2021 sebagai ajang berbagi ma­sukan dari para pakar tek­nologi untuk pengem­ba­ngan sistem perpajakan DJP yang maju, adil, dan efisien di masa mendatang. Acara ini berlangsung se­cara virtual di www.djpit­summit2021.com pada 18 sampai 31 Agustus.

“Dilaksanakan pada bu­lan Agustus, DJP IT Sum­mit 2021 bermaksud ikut me­nyemarakkan pe­ringatan 76 Tahun Kemer­dekaan RI. DJP IT Summit tahun 2021 merupakan pa­meran tek­nologi yang kali pertama DJP seleng­ga­rakan. Kami berharap ke­giatan positif ini dapat kami gelar kembali di masa men­datang,” ungkap Di­rektur Jenderal Pajak Sur­yo Utomo dalam laporan­nya kepada Menteri Ke­uangan.

Lebih lanjut, Suryo me­ngatakan bahwa DJP IT Summit 2021 memiliki tiga agenda utama, yaitu lomba IT (hackhaton), simposium (online symposium), dan pameran teknologi (virtual exhibition) yang semuanya dilaksanakan secara virtual.

Hackathon, merupakan lomba pembuatan algorit­ma atau modeling atas data yang telah disediakan dan dilaksanakan dalam waktu yang ditentukan pada lingkungan yang dise­diakan. Di bawah tema besar artificial intelligence and data analytics, hacka­thon memiliki dua subtema yang dilombakan, yaitu VAT and Cross Border Fra­ud Detection dan Tax Court Verdict Prediction.

Selanjutnya online sym­posium, yakni kegiatan berupa pemaparan use­case atau journey yang telah diimplementasikan sesuai tema. Konsep ke­giatan online symposium berupa diskusi daring me­lalui aplikasi Zoom Meeting serta tayangan langsung melalui akun Youtube DJP.

Kegiatan hackathon dan online symposium berlang­sung selama tiga hari mulai 18 Agustus 2021 sampai dengan 20 Agustus 2021. Kedua kegiatan ini ber­tujuan mencari masukan dari masyarakat dalam rangka pengembangan sistem informasi dan tek­nologi DJP.

Kemudian virtual exhibition, merupakan pame­ran teknologi dari pemilik teknologi atau pengim­plementasi teknologi me­lalui booth virtual pada DJP Convention Centre. Pa­meran ini mengusung te­ma Peran Teknologi Infor­masi dan Komunikasi (TIK) di Era Pandemi Covid-19.

Kegiatan ini ber­lang­sung mulai 18 Agustus hingga 31 Agustus 2021. Nomor SP- 27/2021 DJP IT Summit 2021 diikuti oleh peserta yang terdiri dari kementerian atau lem­ba­ga, bank negara maupun swasta, asosiasi, lembaga pendidikan, serta masya­rakat luas. Gelaran ini me­rupakan salah satu cara DJP sebagai bagian dari Kementerian Keuangan untuk mendukung pelak­sanaan reformasi per­pajakan. DJP perlu men­dorong percepatan trans­formasi sistem perpajakan yang berbasis teknologi (core tax administration system).

Transformasi ini se­bagai upaya untuk mewu­judkan pondasi sistem per­pajakan Indonesia yang efektif, efisien, handal, dan adil.

Dalam sambutannya, Menteri Keuangan Sri Mul­yani Indrawati menga­takan bahwa DJP terus beradaptasi dengan mela­kukan pembelajaran peng­gunanan data di era digital baik untuk pelayanan per­pajakan, pembangunan ekonomi Indonesia, serta pemungutan pajak secara adil dan efisien. DJP IT Summit 2021 merupakan pem­buktikan kepada publik bahwa instansi pemerintah mampu melakukan inovasi dan kreativitas di tengah disrupsi teknologi in­for­masi dan saat menghadapi pandemi Covid-19.

Melalui DJP IT Summit 2021, DJP juga ikut men­dorong semangat generasi muda dalam menguasai artificial intelligence. Dua hal yang akan menjadi fokus DJP dalam pengem­bangan IT ke depannya adalah pemanfaatan artificial intelligence dan data analytics. Diharapkan ke­dua hal tersebut menjadi pilar utama dalam peme­nuhan kewajiban perpa­jakan. (ren/rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional