Close

Geger! Ada Bayi Laki-laki dalam Rawa di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Berhasil Diselamatkan, Diduga Sengaja Dibuang

BAYI DITEMUKAN— Bayi laki-laki yang ditemukan dalam rawa di kawaasan Resort Awera kini menjalani perawatan di RSUD Mentawai.

MENTAWAI, METRO–Warga Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, digegerkan dengan penemuan bayi yang berjenis kelamin laki-laki di kawaasan Resort Awera, Selasa (13/9) sekira pukul 06.15 WIB. Diduga, bayi yang sengaja ditelantarkan itu diduga baru saja dilahirkan.

Pasalnya, bayi yang ditemukan dalam kondisi masih bernyawa itu masih ada tali pusar yang belum dipotong. Beruntung, bayi itu cepat ditemukan, sehingga langsung diselamatkan dengan membawanya ke RSUD Mentawai untuk mendapatkan perawatan medis.

Kasat Reskrim Mentawai, Iptu Donny Putra membenarkan adanya pe­nemuan bayi tersebut. Bayi itu ditemukan di dalam hutan rawa dengan kondisi tanpa diselumuti kain dan masih ada tali pusarnya. Pascaditemukan, langsung dilakukan pertolongan pertama dengan membawanya ke rumah sakit.

“Bayi yang ditemukan itu telah dibawa ke RSUD Mentawai untuk mendapatkan pertolongan dan kondisi bayi tersebut saat ini masih dalam perawatan di ruang inkubator. Jenis ke­laminnya laki-laki dengan berat 2,6 Kg,” kata Iptu Donny.

Dijelaskan Iptu Donny,  berdasarkan keterangan saksi-saksi, bayi itu pertama kali ditemukan oleh  Tatoleuru panggilan Harson (35), seorang sekuriti Resort Awera yang sedang melaksanakan tugas rutin sebagai petugas keamanan. Kemudian saksi mendengar suara tangis di area pohon sagu yang dikelilingi rawa.

“Saksi selanjutnya menghampiri untuk mencari sumber suara itu dan akhirnya menemukan sesosok bayi laki-laki. Kemudian saksi memberi tahu rekan-rekannya yang bekerja di Resort Awera,” ungkap Iptu Donny.

Iptu Donny menambahkan, setelah dicek ke lokasi, bayi tersebut langsung diberi pertolongan pertama oleh salah karywaan Resort Awera dengan mem­bung­kus bayi malang tersebut dengan selimut dan kemudian dibawa ke RSUD.

“Saat ini kami masih terus melakukan penyelidikan untuk mengungkap siapa orang tua dari bayi malang tersebut. Kuat du­gaan, bayi itu sengaja dibuang atau ditelantarkan di dalam rawa. Untung saja cepat ditemukan, kalau tidak bayi itu bisa saja kehilangan nyawanya,” ujar Iptu Donny.

Menurut Ipdu Donny, pihaknya juga terus me­nyebar informasi dan kepada masyarakat yang mengetahui siapa orang tua dari bayi ini silahkan melapor ke Polres atau Polsek terdekat.  Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Ke­pu­lauan Mentawai untuk memberikan perawatan terhadap bayi malang ini.

“Selain berkoordinasi dengan Dinkes, kami juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial, berhubung orang tuanya belum ditemukan, guna pengurusan, perawatan dan pengasuhan bila dinyatakan bayi ini sehat oleh medis,” pung­kasnya. (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top