Close

Gegara Aturan Larangan Mudik, 12 Siswa PKL Asal Pessel “Tersandera” di Jawa Timur

SISWA PKL— 12 siswa SMK Negeri 2 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan yang mengikuti PKL di Jawa Timur tak bisa pulang gara-gara aturan larangan mudik.

PESSEL, METRO
12 siswa SMK Negeri 2 Painan, Kabupaten Pesisir Selatan yang mengikuti Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Jawa Timur terancam tak bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H bersama keluarganya di kampung halaman.

Pasalnya, mereka terpaksa harus tinggal di lokasi karantina Satgas Covid-19 Kabupaten Situbondo, sembari menunggu hasil tes usap. Sebelumnya, para siswa itu mengikuti PKL mengikuti kapal penangkap ikan di Pulau Raas, Madura.

Kini, mereka hanya bisa menanggung rindu dengan keluarga dari jarak yang jauh. Keinginan mereka untuk kembali ke Kabupaten Pesisir Selatan pun tak bisa terwujud gara-gara adanya aturan larangan mudik Lebaran.

Ketika dikonfirmasi Pos Metro, Sabtu (8/5) pukul 18.00 WIB, Miko dan Asif dua pelajar SMK N 2 Painan, Pesisir Selatan mengatakan, ia bersama kawan yang lainya memang terpaksa menetap di lokasi karantina Satgas Penanganan Covid -19 Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

“Kami masih dikarantina. Saya sama kawan-kawan lainya saat ini dalam keadaan sehat semua,” ungkap Miko.

Miko menjelaskkan, keberadannya mereka di Jawa Timur awalnya mengikuti PKL dengan kapal penangkap ikan di Pulau Raas, Madura. Hingga akhirnya, dengan kesepakatan kawan lainya turun dari kapal tersebut.

“Dari Pulau Raas ke Jangkar tiket kapal kayu kami dibelikan pihak kapal dan masing-masing teman-teman diberi uang Rp50 ribu. Sebenarnya kami mau dijemput kendaraan dari Jawa Tengah, namun katanya kendaraan tidak bisa kesini karena dihalau petugas atau putar balik di pos penyekatan Tuban,” paparnya,” kata nya.

Miko pun bersama kawan lainya telah menghubungi pihak sekolah SMKN 2 Painan, namun karena kondisiam Covid -19 larangan mudik maka sampai saat ini belum ada sampai kapan dijemput.

“Pihak sekolah akan mengusahakan secepat nya tapi kami belum tahu kapan. Kami ingin kembali ke Pessel secepat mungkin sebelum lebaran,” pungkasnya. (rio)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top