Close

Gedung Parkir Dibangun di Tiga Titik

Ilustrasi

MATA AIR, METRO – Pemko Padang berencana akan membangun gedung parkir di tiga lokasi. Pembangunan ini akan dilakukan oleh Pemko melalui Perusda Padang Sejahtera Mandiri (PSM).

”Sekarang tinggal menunggu detail kontraknya dengan PSM. Ada tiga titik yang kita rencanakan untuk dibangun gedung parkir,” sebut Kepala Dinas Perhubungan Kota Padang, Dian Fakri, Senin (18/3).

Ia menyebutkan, tiga lokasi itu diantaranya, di sekitar Danau Cimpago Pantai Padang, Jalan Diponegoro (kantor Dinas Kesehatan Kota lama) dan kawasan Pantai Air Manis. Bersama Perusda PSM, gedung itu akan dibangun untuk menampung kendaraan-kendaraan di sekitar lokasi.

Dari segi anggaran, pada 2019 ini menurut Dian, tak ada dana untuk pembangunan gedung parkir. Jika rencana dengan PSM ini rampung, maka Kota Padang bisa memiliki gedung parkir.

“Mudah mudahan bisa terwujud,” katanya.

Seperti yang diketahui, saat ini rancangan Perda tentang gedung parkir tengah dibahas di DPRD Padang bersama Pemko. Dengan legalitas ini DPRD berharap di Kota Padang ada gedung parkir yang lebih representatif.

Permasalahan manajemen perparkiran di Kota Padang, terus menjadi sorotan banyak pihak karena masih banyaknya ruang milik jalan nasional dan provinsi yang beralih fungsi menjadi area parkir. Solusi seperti gedung parkir dapat dipakai untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Iswanto Kwara mengatakan, banyak alasan bagi Pemko Padang membiarkan kesemrautan perparkiran di Kota Padang. Mulai dariketerbatasan lahan, kekurangan anggaran, regulasi sistem transportasi yang tidak mendukung, penegakan aturan yang tidak berjalan, kebijakan yang selalu berubah, dan ketidaksiapan menjalankan perubahan.

Keberadaan Perda Perpakiran menurutnya memberikan legalitas yang pasti tentang pembangunan yang akan dilakukan.

“Kita telah lama menunggu Ranperda ini untuk segera dijadikan Perda. Sehingga Padang memiliki gedung parkir,” katanya. (tin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top