Menu

Gedung Iwapi Pasar Raya Padang Rusak dan tak Terawat

  Dibaca : 368 kali
Gedung Iwapi Pasar Raya Padang Rusak dan tak Terawat
DITUMBUHI POHON— Lantai dua gedung Iwapi Pasar Raya sudah ditumbuhi berbagai pohon karena tak terawat. Pedagang berharap, Dinas Perdagangan melakukan perbaikan terhadap bangunan tersebut.

Endrizal: Mau Dibangun dengan APBN

PASAR RAYA, METRO–Kondisi gedung Iwapi Pasar Raya Padang seperti hutan belantara. Pasalnya, bangunan yang telah rusak pascagempa itu kini ditumbuhi berbagai jenis pohon. Pohon-pohon ini tumbuh di lantai dua gedung tersebut.

Pantauan POSMETRO, hampir di setiap sudut, ada pohon yang sudah mulai meninggi. Sementara sebagian pedagang Iwapi masih beraktifitas di bagian bawahnya. Ketua pedagang Iwapi, Irwan Tiagan mengatakan, Pemko Padang melalui Dinas Perdagangan tidak pernah melakukan perbaikan terhadap bangunan tersebut. Strukturnya banyak yang rusak, bahkan atap di lantai dua sudah tak ada.

Di bagian tengah gedung terang Irwan, juga kerap dijadikan tempat pembuangan sampah bagi sejumlah oknum yang tak bertanggung jawab. Pedagang dengan swadaya sendiri, kata Irwan, sudah sering membersihkan lokasi dari tumpukan sampah. Namun tetap saja ada yang membuang sampah di sana.

Irwan berharap Pemko Padang melakukan perbaikan gedung Iwapi tersebut. Sehingga gedung itu bisa dipakai dengan nyaman. “Kami hanya minta perbaikan sementara saja. Perbaiki saja yang rusak, maka akan nyaman lagi untuk ditempati,” sebut Irwan.

Selama ini menurutnya, Pemko Padang hanya menebar janji saja tanpa realisasi, sehingga pedagang sudah apatis. “Kami tak mau lagi dengan janji-janji palsu. Tolong saja perbaiki bagian yang rusak dan lakukan pembersihan. Kami siap membantu,” sebut Irwan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal mengatakan, bahwa bangunan Iwapi kini sedang sedang dibuatkan perencanaannya. Detail perencanaan itu yang nantinya akan menjadi bahan pelengkap proposal untuk diajukan ke pusat agar dibangun dengan dana APBN.

“Bangunan Iwapi mau kita bangun dengan dana APBN. Makanya tahun ini kita buat perencanaanya untuk diajukan ke pusat,” sebut Endrizal.
Ia berharap pedagang bersabar karena nantinya setelah dibangun dengan dana APBN, bangunan Iwapi akan lebih representatif. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional