Close

Gebyar Sumdarsin Melebihi Target, Ditargetkan 1.800 Orang, Peserta Capai 2.208 Orang, digelar  Polres Sawahlunto

FOTO BERSAMA— Kapolres Sawahlunto AKBP Ricardo Condrat Yusuf SIK SH MH, Wawako Zoirin Sayuti, Anggota DPRD Neldaswenty, Kadis Yasril, Kadis Heni Purwaningsih, Kabag Humas Pemko Sawahlunto Wizha Andrita, Kabag Umum Pemko Sawahlunto Sardiana usai membacakan pemenang door prize bagi warga yang mengikuti Gebyar Sumdarsin Polres Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, METRO–Gebyar Sumbar Sadar Vaksin (Sumdarsin) digelar  Polres Sawahlunto yang awalnya direncanakan capaian target yang diinginkan hanya 1.800 warga. Ternyata melebihi target yang diprediksi yakni sebanyak 2.208 peserta. Gebyar  Sumdarsin ibi dilaksanakan di tiga titik yaitu GPK (Gedung Pusat Kebudayaan) Sawah­lunto, Mapolsek Muaro­kalaban Kecamatan Silungkang dan PLTU Ombilin di Salak Kecamatan Talawi, Sabtu (30/10).

Dengan merangkul Pem­ko Sawahlunto, Tenaga Kesehatan Dinkes Sa­wahlunto untuk melaksa­nakan penyuntikan vaksinasinya. Ditambah de­ngan mengoptimalkan peran serta  Bhabinkamtibmas yang sampai me­lakukan jemput bola ke rumah-rumah warga yang berada jauh dari jang­kauan. Hal tersebut di­sebabkan topografi dari Kota Sa­wahlunto sendiri yang perbukitan.

Sehingga banyak dari warga butuh waktu dan agak kesulitan untuk menjangkau lokasi vaksinasi. Maka dari itu sebagian besar dari Bhabinkamtibmas yang wilkumnya men­cakup daerah pe­lo­sok dan perbukitan perlu ekstra keras dalam menjemput warga yang ingin divaksin.

Menurut Kapolres Sa­wahlunto AKBP Ricardo Condrat Yusuf SIK SH MH, memang segenap jajaran Polres ditugaskan untuk menyukseskan percepatan vaksinasi, mulai dari Para Perwira, Kapolsek sampai semua Bhabinkamtibmas untuk melakukan pengumpulan data di la­pangan terkait pemastian warga untuk mengetahui informasi vaksin dan mem­peroleh vaksin Co­vid 19 agar tercapai kondisi Herd Immunity.

”Saya sangat bersyu­kur ternyata target awal sebanyak 1.800, malah hasilnya melebihi target sampai 2208. Saya yakin dalam bulan November ini akan tercapai target 90 persen bahkan 100 per­sen warga Sawahlunto sudah divaksin,” ujar kapolres.

Dia juga sangat me­ngapresiasi tingginya kesadaran warga Sawahlunto untuk melaksanakan vaksinasi, dengan sinergitas yang terjalin bersama Pemko Sawahlunto dan unsur Forkopimda kesuksesan percepatan vaksinasi cepat diraih.

Wakil Walikota Sa­wah­lunto Zoirin Sayuti me­nyampaikan, saat ini Kota Sawahlunto berada pada posisi keempat besar di Propinsi Sumatera Barat dalam melakukan percepatan vaksinasi. Menurut data yang diterima sudah mencapai 57 persen warga Sawahlunto yang telah divaksin. ” Mudah-mudahan setelah Sumbardar­sin hari ini akan mencapai 60 persen warga Sawahlunto yang divaksin, sehingga nantinya jelang HUT Kota pada tanggal 1 De­sember 2021 kita telah mencapai kondisi Herd Immunity sehingga bisa menggelar acara HUT dan menerima kedata­ngan wi­satawan yang i­ngin ber­kunjung,” kata Zohirin.

Kadis Kesehatan Sa­wahlunto Yasril menginformasikan bahwa untuk target Sumbardarsin di hari sabtu (30/10) adalah untuk 1800 warga dengan 3 titik utama, untuk GPK 800 warga, Polsek Mua­rakalaban 500 warga dan PLTU Ombilin Sijantang 500 warga. Ketersediaan vaksin cukup dengan jenis vaksin sinovac dan coronavac. Sasaran vaksin masih dari usia remaja, dewasa dan lansia. Diakuinya bahwa bagi lansia memang masih terkendala, masih rendah keikutsertaan dalam percepatan vaksinasi.

“Namun kita akan me­lakukan usaha maksimal untuk melakukan percepatan vaksinasi, untuk data sekarang tinggal 21.770 lagi warga Sawah­lunto yang belum divaksin dari 51.805 seluruh warga Sawahlunto yang bisa vak­sin, sedangkan yang su­dah vaksin ada 30.035 warga,” urai Yasril.

Sementara, untuk dosis 1 ada 57,97 persen dan dosis 2 ada 33,30 persen, ini data sampai hari Sabtu ini. Setelah masuk entri data dari yang vaksin pada hari Sabtu ini kemungkinan akan tercapai 60 persen warga Sawahlunto yang telah divaksin, artinya tidak menutup kemungkinan target nasio­nal 70 persen warga yang tervaksinasi pada suatu daerah akan kita raih di awal November 2021 ini. (pin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top