Close

Gebyar Sumdarsin Diluncurkan Serentak, Gubernur Sumbar Optimis Vaksinasi Melebihi Target

SUMDARSIN DILUNCURKAN— Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah meluncurkan Gebyar Sumdarsin bersama Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa, dan Danrem 032/WBr, Brigjen TNI Arief Gajah Mada, di GOR Agus Salim Padang, Sabtu (30/10).

PADANG, METRO–Gebyar Sumatera Barat Sadar Vaksin (Sumdarsin) yang diluncurkan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansha­rullah di GOR Agus Salim, Sabtu (30/10) diikuti ribuan warga Kota Padang.

Terlihat warga ber­bon­dong-bondong mendatangi GOR Agus Salim. Mereka terlihat antrian menunggu giliran disuntik vaksin. Meski cukup ramai, pelaksanaan Gebyar Sumdarsin pagi itu menerapkan protokol kese­hatan (prokes) yang cukup ketat.

Gebyar Sumdarsin tidak hanya digelar di Kota Padang saja. Tetapi juga dilak­sanakan serentak di 18 kabupaten/kota di Sumbar. Gebyar ini sebagai upaya meningkatkan angka ca­paian vaksinasi di daerah ini.

Mahyeldi Ansharullah yakin, Gebyar Sumdarsin yang diluncurkan dapat melebihi target yang telah ditetapkan. “Dengan sasaran 100 ribu orang divaksin, akan bisa melebihi target. Melihat antusiasme warga tidak hanya di Padang tetapi juga di 18 kabupaten/kota yang juga melaksanakan gerakan ini secara serentak, kita optimis capaiannya bisa lebih dari 120 persen,” kata Mahyeldi, saat meluncurkan Gebyar Sumdarsin bersama Kapolda Sumbar, Irjen Pol. Teddy Minahasa, dan Danrem 032/WBr, Brig­jen TNI Arief Gajah Mada, di GOR Agus Salim Padang, Sabtu (30/10).

Menurut Mahyeldi, de­ngan laju vaksinasi Covid-19 yang cukup tinggi beberapa minggu terakhir, capaian vaksinasi di Sumbar sudah cukup baik. Bahkan naik lima peringkat secara nasional. Dari awalnya peringkat dua terbawah menjadi peringkat tujuh dari bawah.

Data sebelum Gebyar Sumdarsin, capaian vaksinasi Sumbar 34,54 persen. Lebih baik dari Papua, Aceh, Maluku, Maluku Utara, Sulteng dan Sultra.

Mahyeldi mengatakan, Gebyar Sumdarsin ini bukti keseriusan pemerintahan daerah bersama dengan Polda Sumbar dan Korem 032  Wirabraja dalam upaya untuk segera mencapai herd immunity di Sumbar. “Kita yakin dengan upaya dan kerjasama dari berbagai pihak, capaian vaksinasi di Sumbar akan naik secara signifikan,” katanya.

Mahyeldi juga sepakat dengan Kapolda Sumbar, bahwasanya tidak akan terjadi gelombang ketiga penyebaran Covid-19 di Sumbar. “Insya Allah tidak ada gelombang ketiga ka­rena sudah disiplin prokes,” kata Mahyeldi.

Gebyar Sumdarsin yang dilakukan secara serentak ini pada pembukaannya, ditargetkan dapat menghabiskan 144 ribu dosis vaksin. Untuk memenuhi target tersebut disediakan 20 gerai yang tersebar di 18 kabupaten dan kota di Sumbar.

Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra mengatakan antusiasme masyarakat Sumbar yang terlihat dalam Gebyar Sum­darsin tersebut, me­ma­tahkan anggapan ma­sya­rakat tidak mendukung vaksinasi.

“Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, kepada Pemprov Sumbar dan Forkopimda atas peran serta dan dukungan untuk capaian vaksinasi di Sumbar,” ungkap Irjen Pol Teddy.

Irjend Pol Teddy mengungkapkan, masyarakat Sumbar sangat santun dan religius serta menyambut baik seluruh program-program yang digulirkan oleh pemerintah pusat.

Antusiasme masya­ra­kat itu tidak hanya terlihat di Kota Padang. Tetapi juga dari 18 kabupaten kota lainnya yang terpantau secara virtual.

Rangkaian kegiatan Sum­darsin ini katanya, direncanakan akan melaksanakan lima kali vaksinasi yang dipusatkan di beberapa tempat berbeda. “Jika dalam satu kali pelaksanaan bisa 100 ribu orang maka dalam lima kali capaiannya akan sangat signifikan,” ujarnya.

Ia yakin pada akhir tahun 2021, peringkat capaian vaksinasi di Sumbar bisa menembus 10 besar tertinggi nasional. Bahkan lebih baik lagi.

Turut hadir juga dalam kegiatan itu, kepala OPD Sumbar, sejumlah tokoh masyarakat, serta ribuan orang masyarakat. Pada kesempatan itu dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada tenaga vaksinator. Dalam ke­gia­tan itu juga diserahkan bantuan sosial dan door prize bagi masyarakat yang di vaksin. (ADP).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top