Menu

Gandeng Satresnarkoba, Antisipasi Narkoba Rutan Kelas IIB Disidak

  Dibaca : 176 kali
Gandeng Satresnarkoba, Antisipasi Narkoba Rutan Kelas IIB Disidak
SIDAK—Jajaran Rutan Kelas II B Sawahlunto bersama Satresnarkoba Polres Sawahlunto melaksanakan sidak untuk mengantisipasi peredaran Narkoba.

SAWAHLUNTO, METRO
Untuk mengantisipasi beredarnya Narkoba di lingkungan Rumah Tahanan Kelas II B Sawahlunto, maka diadakanlah Inspeksi Mendadak (Sidak) keseluruh sel yang ada di Rutan Kelas II B Sawahlunto, Selasa (6/4). Kepala Lapas Rutan Kelas II B Sawahlunto Subhan Malik AMD menyebutkan, kegiatan ini merupakan razia khusus untuk mengetahui peredaran Narkoba di dalam rumah tahanan (Rutan). “ Dalam rangka peringatan hari bakti pemasyarakatan yang puncaknya upacara pada tanggal 27 April 2021. Maka razia ini termasuk rangkaian kegiatan jelang peringatan hari kemasyarakatan dan nantinya akan ada bakti sosial,” ujar Subhan.

“Dalam razia kali ini seluruh penghuni Rutan yang berjumlah 86 orang, 3 orang perempuan 83 laki laki diperiksa seluruh anggota nya serta pemeriksaan dibagian dalam sel dan membongkar peralatan pribadi Napi yang ada kemungkinan menyimpan barang haram tersebut,” jelas Subhan.

Dia juga menambahkan, bahwa dengan bantuan dari aparat Satresnarkoba Polres Sawahlunto maka razia ini bisa terlaksana maksimal. “Dan juga tadi sudah diambil sampel 5 orang napi secara acak melaksanakan tes urine oleh tim Satresnarkoba dan Alhamdullilah hasilnya negatif,” kata Subhan.

Kasat Narkoba AKP Syamsurijal SH mengatakan. pihaknya menerjunkan 30 personel sesuai instruksi dari Kapolres AKBP Junaidi Nur SIK. “ Para personel tersebut terbagi atas 3 bagian, untuk pengamanan diluar rutan, didalam rutan dan langsung terjun ke dalam sel rutan untuk melakukan razia narkoba. Khusus untuk sel perempuan dilaksanakan oleh Polwan. Dari pemeriksaan tadi tidak ditemukan narkoba, ganja dsb. Tetapi cuma berupa mancis dan alat pencukur. Sebagai saran dari pihaknya agar pihak rutan tidak membiarkan para napi memiliki mancis karena nanti bisa memicu pembakaran didalam sel, bila terjadi kegaduhan,” ujar Syamsurijal.

Kasat Narkoba mengatakan, akan siap membantu pihak rutan kalau memerlukan bantuan dalam pemeriksaan dan razia narkoba kedepannya. (pin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional