Menu

Gandang Tambua Rang Agam Beraksi di Pauh IX Kuranji

  Dibaca : 90 kali
Gandang Tambua Rang Agam Beraksi di Pauh IX Kuranji
HOYAK— Gandang tambua permainan anak nagari asal Bayua Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam hoyak panggung medan nan bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kuranji, Padang.

PADANG, METRO
Panggung Medan Nan Bapaneh Kantor KAN Pauh IX Kota Padang dihoyak gandang tambua,  group kesenian dari Bayua Kecamatan Tanjung Raya Agam, Jumat malam (11/9). Selain gandang Tambua juga mempertunjukan, talempong, puput batang padi, aktraksi pencak silat dan saluang klasik.  Namun, kegiatan yang bertajuk Pagelaran Produk Ekonomi Kreatif (PKPEK) 2020 ini tetap memperhatikan protokoler kesehatan (Prokes) Covid-19. Hal ini mengingat belakangan penularan virus Covid 19 ini mulai menunjukan pergerakanya.

Ketua Penanggung Jawab Kegiatan PKPEK 2020 Erman Jamal Malin Marajo mengatakan, alek yang tak terlepas dalam melestarikan nilai nilai seni dan budaya terselenggara melalui pokok pokok pikiran Anggota DPRD Sumbar Evi Yandri Rajo Budiman, yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Sumbar.

“Dalam pelaksanaan di lapangan Dinas Pariwisata Sumbar menggandemg anak nagari yang tergabung dalam Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kuranji,” ujar Erman.

Dikatakan Erman, alek in dilaksanakan juga tak terlepas dalam memperdayakan pelaku seni dan budaya di Sumbar yang selama pandemi Covid-19 terdampak secara ekonomi. Maka melalui kegiatan PKPEK 2020 inilah didukung perekonomian melalui penampilan kesenian tradisi mereka.

Ketua Group Kesenian Gendang Tambua Pusako Minang Herizal mengatakan, grup keseniannya sudah mulai berkegiiatan sejak 36 tahun silam. Mereka sudah malang melintang tampil pada kegiatan kegiatan seremonial dan kegiatan anak nagari  di se-antero Sumbar. “Dan tak jarang kami selalu tampil pada kegiatan anak nagari di mimang ini,” ujar Herizal.

Dikatakan Herizal, Group Kesenian Pusako Minang ini berasal dari Nagari Bayua Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Dan group kesenian ini dibawah organissi Rukun Keluarga Bayua (RKB)  Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam.  Herizal mengaku sudah mulai gabung dengan Pusako Minang sejak tahun 1997. Tampil di pagelaran ini dengan memboyong sekitar 30-an personelnya. Item yang ditampilkan Gandang Tambua, Talempong, Pupuik Batang Padi, aktraksi pencak silat dan saluang klasik.

Ketua Rukun Keluarga Bayua (RKB)  Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Johandri Dt Alam Basa mengatakan, RKB ini berdiri sejak tahun 1953 silam. Group ini pernah tampil di nasional Bogor tahun 2018 lalu. Dalam agenda kegiatan Danau Maninjau.

Group seni RKB ini didukung personel sekitar 50 – an personel, yang personelnya  itu terdiri dari anak Nagari Bayua Agam. “Saya mengapresiasi kegiatan anak nagari Pauh IX dalam kegiatan PKPEK 2020, sehingga group kesenian bisa unjuk kebolehan di sini,” ujar Johandri. (boy)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional