Close

Galang Dana Bantu Anak Yatim Piatu, Pemuda Sumpur Kudus Selatan Jual Pabukoan

PABUKOAN— Pemuda Nagari Sumpur Kudus Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus berjualan pabukoan. Hal ini dilakukan untuk menggalang dana demi membantu kaum dhuafa dan anak yatim piatu dalam menyambut hari raya Idul Fitri. (eky prima endo/posmetro )

SIJUNJUNG, METRO – Pemuda Nagari Sumpur Kudus Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung sengaja menjadi juru parkir di pasar serta berjualan pabukoan (takjil). Hal ini dilakukan untuk menggalang dana demi membantu kaum dhuafa dan anak yatim piatu dalam menyambut hari raya Idul Fitri.

Ketua pelaksana kegiatan sosial tersebut, Maidy Charles mengatakan, penggalangan dana untuk santunan anak yatim piatu, agar pada lebaran nanti mereka diharapkan dapat merasakan kegembiraan seperi layaknya anak yang mempunyai orang tua.

Ia menambahkan, penggalangan dana dilakukan dengan sistem turun langsung ke lapangan. Sejumlah pemuda dan pemudi mendatangi rumah warga dengan menyodorkan kotak donasi ada juga yang berjualan pabukoan bahkan menjadi juru parkir di pasar pun dilakukan oleh sekelompok pemuda nagari tersebut untuk membantu anak yatim.

“Kegiatan ini bertemakan, Pemuda Menjemput Ramadhan Berkah dengan Sedekah ini ditujukan untuk anak yatim,” katanya, Selasa (21/5).

Ia mengungkapkan, kegiatan penggalangan dana sudah di mulai awal bulan Ramadan. Dana yang terkumpul sementara hingga saat ini Rp6 juta. “Insya Allah akan terus bertambah sampai terakhir penggalangan dana Jumat, 31 Mei mendatang. Karena masih ada beberapa perantau/donatur yang akan mendonasikan rezkinya,” harapnya.

Maidy menjelaskan, santunan yang akan diberikan ditujukan kepada anak yatim piatu berjumlah lima orang, yatim 10 orang anak dan 10 orang piatu. “Dengan jumlah masing-masing untuk yatim piatu Rp500 ribu, yatim Rp400 ribu, dan piatu Rp400 ribu. Selain bentuk uang, panitia juga memberikan bingkisan makanan,” lanjutnya

Santunan akan diberikan langsung oleh pemuda nagari yang akan dihadiri oleh wali nagari, kepala jorong, tokoh masyarakat, para perantau serta ninik mamak di Nagari Sumpur Kudus Selatan tersebut. Aksi sekelompok pemuda itu pun menuai apresiasi dari sejumlah pihak, termasuk pihak nagari.

Sekretaris Nagari Sumpur Kudus Selatan, Zulharis Nibon memberikan apresiasi adanya kegiatan positif dari pemuda. “Selaku pihak nagari kita merasa bangga dan berterimakasih pada pemuda yang telah berinisiatif melakukan kegiatan positif untuk anak yatim piatu di bulan Ramadan ini,” sebutnya. (ndo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top