Close

Galakkan dan Ramaikan Objek Wisata Pantai, Atlet Lari Seluruh Indonesia Ikut Serta, Pantai Dijadikan Arena Berlari

WAKO Genius Umar, Wagub Audy Joinaldy dan Wali Kota Bogor Bima Arya saat pemberian medali dalam acara Pariaman Berlari.

Laporan: Efanurza Kota Pariaman

Wali Kota Pariaman H Genius Umar bersama pasangannya Mardison Mahyuddin dalam meramaikan objek wisata pantai daerahnya, kemarin, melaksanakan event Pariaman berlari 2022.  Kegiatan Olahraga berlari tersebut berjalan sukses dan lancar, dengan jumlah peserta yang ikut sebanyak 860 orang dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini menjadi ide dari Wali Kota Pariaman Genius Umar untuk membuat kegiatan yang sama tapi dengan track yang berbeda yaitu dengan nama sand beach run atau berlari di pasir pantai.

“Karena daerah kita ini cocok sekali untuk dijadikan sport berlari, karena kondisi jalannya yang datar, kenapa tidak kita buat juga kegiatan berlari di pasir pantai Kota Pariaman, sembari melatih kaki agar lebih ringan untuk dibawa berlari, sembari memberikan terapi kesehatan kepada kita dengan cara berlari dipasir pantai, yang dibasahi oleh ombak pantai pariaman,” kata Wali Kota Pariaman H Genius Umar, kemarin, usai acara.

Wacana ini akan dibi­carakan dahulu dengan komunitas pariaman berlari,  dikemas sedemikian rupa agar bisa diikuti oleh seluruh atlet berlari yang ada di Indonesia.

“Saya ingin, sand beach run ini bisa diselenggarakan pada bulan Desember 2022 nanti, a­gar sport tourism Kota Pariaman semakin berwarna dan semakin dikenal oleh dunia luar, bahwa Kota Pariaman memang cocok dijadikan da­erah tujuan wisata yang bisa mengolahragakan masyarakat dengan wisata, dan bisa memasyara­katkan olahraga dengan wisata, jadi semuanya jadi terpadu,” jelas Genius.

Genius Umar menyam­but baik kedatangan para pejabat yang mengikuti kegiatan ini dan ucapkan selamat datang sekaligus ucapan terimakasih, karena telah mengapresiasi dan mensuport kegiatan Pariaman Berlari 2022, sehingga berjalan dengan sukses dan lancar.

“Ada dua hal yang sa­ngat penting dari Kegiatan Pariaman Berlari 2022 ini bagi Kota Pariaman, yaitu pertama ikut mendukung pariwisata di Kota Pariaman, dan yang kedua ikut mensuport kegiatan olah­raga kita, sehingga gabungan keduanya menjadi kegiatan sport tourisem­nya Kota Pariaman,” ujar­nya.

Lebih lanjut Genius sebutkan , selain mendukung sport tourisem Kota Pariaman, event Pariaman Berlari juga mengeluarkan banyak ide dari saya dan Bima Arya, untuk menunjang sektor pa­riwisata Kota Pariaman, seperti membuat kegiatan berlari di pasir pantai dengan nama “Sand Beach Run” apalagi kalau kita buat tracking berlarinya di pantai, apalagi Kota Pa­riaman ini memang cocok untuk kegiatan sport tourisem khususnya berlari.

“Saya juga ucapkan terimakasih kepada Komunitas Pariaman  Berlari dan Komunitas lainnya yang telah mau membuat acara ini sehingga berjalan dengan sukses, dan berdampak terhadap pe­ningkatan ekonomi Kota Pariaman, baik dari segi penginapan dan kuliner,” ujar Genius.

Dengan acara seperti ini, kita akan terus bisa meningkatkan kunjungan wisatawan datang ke Kota Pariaman,  dan juga komunitas akan semakin berpartisipasi untuk ikut serta mengembangkan wisata Kota Pariaman melalui sport tourisem.

“Mudah-mudahan ta­hun depan event Pariaman Berlari semakin ba­nyak diminati, baik secara nasional ataupun international, dan persiapan serta pengemasan acara ini akan semakin lebih baik dari sebelumya,” tegas Genius Umar.

Sementara Mulyadi Pembina Komunitas Pa­riaman Berlari memberi tanggapan. Pada dasar­nya Mulyadi sangat me­nyetujui apa yang menjadi keinginan Pemerintah Kota Pariaman tersebut, akan tetapi hal itu perlu pembicaraan lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait.

“Untuk saat ini, kita akan benahi dahulu ke­kurangan-kekurangan kita dalam acara Pariaman berlari, agar nantinya jika sand beach run jadi juga digelar, itu semua sudah melalui persiapan yang matang, dan kita juga a­kan melibatkan komunitas-komunitas lainnya supaya event tersebut bisa mempunyai kesan bagi pesertanya dan mereka ingin mengikuti kembali ditahun berikutnya,” tambah Mulyadi.

Sebelumnya,  Plt. Sesmenpora Jonni Mardizal membuka secara resmi event Pariaman Berlari 2022” yang dilaksanakan di Pantai Kata Kota Pariaman.

Jonni Mardizal, me­ngatakan akan menyampaikan usulan ini kepada bapak Menteri Pemuda dan Olahraga untuk dibi­carakan lebih lanjut. “Kita mempunyai tim ahli nan­tinya yang akan menilai dan memutuskan apakah Pariaman  Berlari ini, da­pat kita masukan menjadi kalender tahunan acara di Kemenpora, hal itu tergantung keputusan dari tim ahli tersebut yang akan disampaikan kepada pak Menteri,” tambahnya me­ngakhiri.(***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top