Menu

Gagal Panen, Masyarakat Koto Kociak Harapkan Irigasi

  Dibaca : 101 kali
Gagal Panen, Masyarakat Koto Kociak Harapkan Irigasi
SERAHKAN— Tim III Safari Ramadhan Kabupaten Limapuluh Kota serahkan bantuan ke pengurus Masjid Nurul Fallah. (ramadalius/posmetro)

LIMAPULUH KOTA, METRO – Masyarakat Jorong Koto Kociak Kenagarian VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, mengharapkan pembangunan irigasi buat pengairan areal persawahan di jorong setempat. Jika hanya mengharapkan air hujan, sulit bagi masyarakat mengharapkan hasil panen yang memadai.

Hal itu disampaikan Wali Nagari VII Koto Talago Yon Hendri, di hadapan Tim III Safari Ramadhan Kabupaten Limapuluh Kota yang dipimpin Sekda Widya Putra, S.Sos, M.Si di Masjid Nurul Fallah Koto Kociak, Rabu (15/5) malam.

”Kami masyarakat VII Koto Talago sangat mengharapkan perhatian Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota terutama soal irigasi untuk hamparan persawahan di Koto Kociak ini. Tanpa adanya irigasi, tak jarang kami yang gagal tanam karena sawah kami keburu kering,” ungkap Yon yang diamini sejumlah Jamaah Masjid Nurul Fallah.

Menurut Yon, dengan hanya mengandalkan air hujan, petani hanya bisa menggarap sawahnya ketika musim hujan saja. Begitu curah hujan kurang, sawah itu segera kekurangan air hingga kering kerontang. Buntutnya, hasil panen sulit diharapkan.

Dengan adanya pengairann tersebut kami berharap adanya peningkatan musim tanam padi sawah di Koto Kociak dari selama ini rata-rata dua kali setahun menjadi tiga kali setahun, disamping juga buat meningkatkan produktivitas tanaman.

”Kami berharap adanya irigasi di areal persawahan kami itu karena sebagian besar masyarakat kami menggantungkan hidupnya dari padi sawah,” ujar Yon.

Menjawab aspirasi masyarakat itu Sekda Widya Putra melalui Kabag Kerjasama dan Administrasi Pembangunan Ir. Amran, M.Si berjanji akan meneruskan harapan masyarakat itu kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Bapelitbang.

”Kami akan menyampaikan masalah irigasi ini kepada Dinas PU dan Bapelitbang selaku OPD terkait. Atau boleh juga Pemerintahan Nagari VII Koto Talago sendiri yang langsung berkoordinasi ke kantor PU dan Bapelitbang,” tutur Amran.

Dalam kesempatan itu Sekda melalui Amran juga menyampaikan esensi kedatangan tim safari ramdhan dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Dengan adanya kedekatan tersebut, diharapkan semakin meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah ini.

”Pemerintah daerah sangat menyadari, pembangunan tidak akan sukses tanpa peran serta masyarakat. Karenanya, kita senantiasa mengajak partisipasi aktif masyarakat dalam mewujudkan Limapuluh Kota yang sejahtera dan dinasmis, yang Mantap berlandaskan iman dan taqwa,” papar Amran sembari mengapresiasi masyarakat yang sukses melaksanakan Pemilu yang aman dan lancar di VII Koto Talago.

Dalam kunjungan itu Sekda Widya Putra juga menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Nurul Fallah sebesar Rp 15 juta disaksikan berbagai elemen masyarakat nagari setempat. Ikut hadir dalam kunjungan safari Ramadhan itu kepal Dinas Sosial Armen, SH, Pj Camat Guguak Wira Dinanta, S.STP dan sejumlah pejabat dan staf lainnya. (us)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional