Close

Gagal Nyalip di Jalan Lintas Sumatera, Mobil Xenia Tabrak Bus Pariwisata, Sopir dan 4 Penumpang Terluka Parah

KECELAKAAN— Polisi melakukan olah TKP dan melakukan pengaturan lalu lintas untuk mengurai kemacetan akibat kecelakaan yang melibatkan mobil Xenia dan Bus Pariwisata.

DHARMASRAYA, METRO–Hendak menyalip kendaraan di depan­nya, satu unit mobil Daihatsu Xenia tabrak Bus Pariwista milik PT Trans Mutiara Indah yang melajun dari arah berlawanan di Jalan Lintas Sumatera, Jorong Bungo Tanjuang, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Rabu (11/5) sekira pukul 07.30 WIB.

Beruntung, dalam insi­den itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja, mobil Daihatsu Xenia de­ngan pelat nomor BH 1339 BM ringsek lantaran me­nabrak bagian samping kanan Bus Pariwisata BG dengan pelat nomor BG 7947 AO. Selain itu, kece­lakaan adu kambing terse­but juga mengganggu arus lalu lintas di kawasan itu.

Sementara, sopir Dai­hatsu Xenia bernama Adam Jordan menderita luka robek pada lutut se­belah kanan dan penuru­nan kesadaran. Sedangkan  penumpangnya atas nama Febri Yelita Sari menderita bengkak pada kaki sebelah kiri dan luka lecet pada dagu, Aura Clarista, men­derita bengkak pada kaki kiri, Andre menderita luka robek pada kaki, dan Al­hafiz menderita cidera kepala.

Pengendara maupun warga setempat yang be­ra­da di lokasi yang melihat kecelakaan itu, langsung membantu mengevakuasi sopir maupun penumpang mobil Daihatsu Xenia yang mengalami luka-luka. Me­re­ka selanjutnya dibawa ke rumah sakit untuk menda­patkan perawatan medis.

Tak lama berselang, Polisi pun tiba di lokasi melakukan olah TKP dan selanjutnya menyingkirkan dua kendaraan yang ter­libat kecelakaan itu agar tidak menganggu arus lalu lintas. Kendaraan itu ke­mudian diamankan seba­gai barang bukti di Unit Laka Lantas Polres Dhar­masraya.

Kapolres Dharmas­ra­ya, AKBP Nurhadiansyah melalui Kasat Lantas, Iptu Sayyid Malik Ibrahim me­nyebutkan, peristiwa ter­sebut bermula ketika Bus PT Trans Mutiara In­dah BG 7947 AO yang dikemudikan oleh Mamansyah melaju dari arah Bungo menuju Padang dengan kecepatan sedang.

“Setiba di lokasi, penge­mudi terkejut karena me­lihat dari arah berlawanan mini bus Daihatsu Xenia BH 1339 BM yang dikemudikan Adam Jordan melaju de­ngan kondisi menyalip ken­daraan yang berada di de­pannya,” kata Iptu Sayyid.

Melihat situasi terse­but, dijelaskan Iptu Sayyid, sopir bus Mamansyah mem­perlambat laju ken­daraannya dan menga­rahkan bus yang dikemu­dikannya itu keluar badan jalan sebelah kiri. Namun karena jarak antara kedua kendaraan tersebut sudah dekat, tabrakan pun tak dapat terhindarkan.

“Pengemudi  Daihatsu Xenia BH 1339 BM tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya saat me­nyalip kendaraan di depan­nya, sehingga menabrak bus tersebut. Lima orang yang berada di dalam mo­bil Dhaihatsu mengalami cedera dan sudah dirujuk ke RSUD Dharmasraya untuk men­dapat pera­wa­tan medis,” terang Iptu Sayyid.

Dijelaskan Iptu Sayyid, terkait kasus kecelakaan ini, pihaknya sudah mela­kukan olah TKP dan barang bukti atas kejadian tersebut sudah dimankan di Mako Polres Dharmasraya. Se­mentara, sopir Daihatsu Xenia belum bisa dimintai keterangan lantaran masih belum sadarkan diri.

“Kami mengimbau ke­pada pengendara agar selalu waspada karena arus balik saat ini jumlah kendaraan yang melintas cukup banyak. Hati-hatilah saat menyalip kendaraan dan pastikan dari arah berlawanan tidak ada ken­daraan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi,” pungkasnya. (gus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top