Menu

Gagak Hitam Tangkap “Kolor Ijo”

  Dibaca : 844 kali
Gagak Hitam Tangkap “Kolor Ijo”
PENCURI DITANGKAP— Pelaku pencurian bernama Edi Tri Yanto (42) yang disebut sebagai kolor ijo ditangkap Tim Gagak Hitam Satreskrim Polres Padangpariaman di Kota Batam.

PDG. PARIAMAN, METRO
Sempat menjadi buronan Tim Gagak Hitam Satreskrim Polres Padangpariaman, pelaku pencurian dengan pemberatan (curat) yang kerap beraksi menjarah barang elektronik di dalam rumah warga diringkus di tempat pelariannya di Kota Batam. Anehnya, setiap beraksi, pelaku hanya mengenakan celana dalam berwarna hijau, sehingga warga menyebutnya dengan sebutan ‘kolor ijo’.

Dari hasil pemeriksaan, penjahat kolor ijo yang diketahui bernama Edi Tri Yanto (42) merupakan warga Nagari Sunur, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padangpariaman ini sudah beraksi sebanyak empat kali. Dengan rincian tiga kali di wilayah Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padangpariaman dan satu kali di wilayah Pariaman Utara, Kota Pariaman.

Kapolres Padang Pariaman AKBP Dian Nugraha mengatakan, pelaku ditangkap atas laporan korban ke Polres dengan nomor LP/70/XII/2019/Polres tanggal 2 Desember 2019. Dalam laporannya, korban mengaku rumahnya telah dimasuki pencuri dan mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta.

“Menindaklanjuti laporan itulah, kita melakukan penyelidikan, sehingga diketahui pelaku berada di rumah orang tuanya di wilayah Nan Sabaris, Padang Pariaman. Kemudian Tim Gagak Hitam melakukan penggerebekan di rumah tersebut, namun pelaku berhasil kabur melarikan diri ke Jakarta,” kata AKBP Dian.

AKBP Dian menambahkan, setelah satu bulan di Jakarta, pelaku kabur ke Kota Batam, dan selanjutnya Tim Gagak Hitam melakukan pengejaran ke Kota Batam tersebut. Hasil pemantauan di Kota Batam, diketahui pelaku sedang bekerja di subuah kedai nasi yang bertempat di Komplek Aku Tahu Sungai Panas.

“Setelah keberadaannya diketahui, tim langsung bergerak mengamankan pelaku selanjutnya dibawa sementara ke Polsek Sagulung, di Kota Batam, Sabtu (20/6) sekitar pukul 17.30 WIB. Barang bukti yang diamankan dari penangkapan pelaku berupa satu unit Hp hasil curian,” jelas AKBP Dian.

Terkait sebutan kolor ijo, ditambahkan AKBP Dian, nama itu merupakan sebutan dari masyarakat karena pelaku melakukan aksi pencurian modusnya menggunakan celana dalam berwarna hijau. Namun, dari hasil penyelidikan, pelaku tidak ada melakukan aksi pelecehan seksual dan hanya melakukan pencurian.

“Pelaku melakukan aksi pencurian dengan cara masuk ke dalam rumah korbannya. Sasarannya merupakan barang elektronik seperti Hp, lantaran mudah untuk dibawa. Mengapa pelaku beraksi memakai celana dalam, itu masih kita dalami. Apakah ada ilmu-ilmu, kita tidak tahu,” ujar AKBP Dian.

AKBP Dian menuturkan, dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku melakukan pencurian di empat lokasi berbeda. Dengan rincian, tiga kali di wilayah Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padangpariaman dan satu kali di wilayah Pariaman Utara, Kota Pariaman.

“Setelah penangkapan di Kota Batam, pelaku kemudian dibawa ke Polres Padangpariaman untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kita akan terus dalami, dimana saja pelaku melakukan aksinya. Meski hanya ada empat yang diakui pelaku, masih ada kemungkinan ada TKP lain,” pungkas AKBP Dian. (z)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional