Menu

Fraksi Gerinda Bisa jadi Penentu Pemilihan Wawako, Asrinaldi: Kuncinya Lobi Politik dan Partai yang Banyak Kursi

  Dibaca : 114 kali
Fraksi Gerinda Bisa jadi Penentu Pemilihan Wawako, Asrinaldi: Kuncinya Lobi Politik dan Partai yang Banyak Kursi
Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang Mastilizal Aye

SAWAHAN, METRO
Dengan 11 kursi di DPRD Padang, Fraksi Gerindra bisa menjadi penentu dalam hal pemilihan wakil walikota Padang. Hal ini diungkan oleh Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang Mastilizal Aye.

“Calon wawako Padang itu adalah hak dari partai pengusung seperti PKS dan PAN. Tetapi, dengan 11 kursi di DPRD, Gerindra mempunyai bargaining power sendiri dalam memutuskan siapa wawako pilihan dalam mendampingi Hendri Septa sebagai Walikota Padang,” ucap Mastilizal Aye, Selasa (27/4).

Ia menuturkan, beberapa partai dan calon wawako telah melakukan lobi-lobi politik terhadap Gerindra, tetapi Gerindra belum memberikan keputusan.

“Sudah ada lobi-lobi politik untuk jabatan wawako, tetapi Gerindra belum memberikan suara dan keputusan. Jadi pada saat ini, terserah calon, butuh Gerindra atau tidak,” paparnya.

Terpisah, Pengamat Politik dari Universitas Andalas Asrinaldi menjelaskan kunci kemenangan cawako Kota Padang terletak di partai yang memiliki banyak kursi di DPRD.

“Kuncinya adalah lobi-lobi politik yang dilakukan partai dan cawako dalam melakukan lobi-lobi kepada partai pemilik kursi terbanyak” jelasnya.

Peluang untuk terjadinya money politik dalam hal pemilihan wawako Padang di DPRD Padang, Asrinaldi menegaskana sangat berpeluang terjadi.

“Money politik sangat berpeluang terjadi saat pemilihan wawako Padang di DPRD Padang. Tetapi money politik tidak berupa uang segar semata, komitmen politik, fasilitas, pemenangan proyek, sangat rentan terjadi, dan itu sangat lah wajar di sosial politik masyarakat Minang,” sebutnya. (ade)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional