Close

Fraksi DPRD Kota Payakumbuh Sorot PAM Tigo

PIMPIN RAPAT— Armen Faindal pimpin rapat paripurna pandangan akhir fraksi terkait RAPBD 2023.

SUKARNOHATTA, METRO–Fraksi di DPRD Kota Payakumbuh dalam si­dang paripurna pandang­an akhir fraksi terhadap RAPBD 2023, menyerot terkait Perusahaan Air Minum Tirta Sago (PAM Tigo) Kota Payakumbuh. Mulai dari banyaknya pe­ngaduan dari masyarakat, menurunnya laba, sampai persoalan internal yang tidak kondusif terbukti dengan mundurnya salah seorang Direktur PAM Tigo beberapa waktu lalu.

Fraksi Partai Golkar melalui juru bicaranya Yendri Bodra Dt. Parmato Alam, bahkan lebih keras menyebut terjadi kemunduran dari PAM Tigo Kota Payakumbuh. Ini dapat dilihat dari laba yang diperoleh PAM Tigo yang di­prediksikan dalam RKP sampai Desember 2022 hanya Rp 1,5 miliar. Tentu jauh menurun bila diban­dingkan dengan Dua ta­hun terakhir, yaitu tahun 2020, PAM Tigo masih menyisikan laba bersih sebesar Rp 4,8 M, dan tahun 2021 senilai Rp 3,5 M.

”Kami meminta kuasa pemilik saham dalam hal ini bapak Wali Kota, membenahi ini. Dalam RKP sampai Desember di­pre­diksikan laba bersihnya hanya 1,5 M, sehingga kami menduga ada pemborosan yang direncanakan. Desember 2022 nanti jelas berapa laba bersih PAM Tigo dan Januari 2023 kita panggil PAM Tigo, dan jika memang terjadi penurunan laba bersih signifikan, kita akan rapatkan dengan komisi B apa langkah yang akan diambil,” jelas YB.Dt. Parmato A­lam, kepada wartawan di­sela-sela paripurna pa­ndangan akhir praksi di DPRD Kota Payakumbuh, Senin ( 21/11), kepada wartawan.

Politi Golkar Kota Pa­yakumbuh ini meminta Pj. Wali Kota Payakumbuh H. Rida Ananda sebagai kuasa pemilik saham membenahi manajemen PAM Tigo Kota Payakumbuh dengan melakukan evaluasi dirut Utama PAM Tigo. “Kita minta Pj. Wali Kota membenahi ini dan me­lakukan evaluasi terhadap Dirut Utama PAM Tigo,” pintanya.

Fraksi PPP melalui juru bicaranya Edwar DF, juga meminta agar Pj. Wali Kota Payakumbuh mela­kukan evaluasi penyeluruh terhadap PAM Tigo Kota Pa­yakumbuh. De­ngan begitu, PAM Tigo Kota Payakumbuh dalam operasio­nalnya bisa berjalan de­ngan baik.  “Eva­luasi me­nyeluruh terha­dap PAM Tigo. Sehingga berjalan dengan baik,” sebutnya ketika membacakan pandangan akhir fraksi PPP terhadap RAPBD Kota Paya­kumbuh tahun 2023.

Opet Nawati dalam pandangan akhir Fraksi Amanat Kebangkitan Nasional, menyinggung terkait persoalan PAM Tigo. Dia juga berharap Pj. Wali Kota H. Rida Ananda, me­lakukan evaluasi terhadap PAM Tigo, sehingga ber­bagai masalah yang ada tidak mengganggu kepada jalannya PAM Tigo Kota Payakumbuh. “Akhir ini ada persoalan di PAM Tigo. Kami berharap Pj. Wali Kota, mengevaluasi agar berjalan dengan ba­ik,” sebut Politisi PAN Kota Payakumbuh ini.

Wakil Ketua DPRD K­o­ta Payakumbuh, Armen Faindal, S.H yang me­mimpin jalannya sidang paripurna terkait panda­ngan akhir fraksi bersama Wakil Ketua Wulan Denura, kepada wartawan me­nyebut bahwa pandangan akhir fraksi-fraksi di DPRD Kota Payakumbuh sudah didengarkan langsung o­leh Pj. Wali Kota Payakumbuh, H Rida Ananda.

Politisi Demokrat Kota Payakumbuh yang dikenal dekat dengan awak media ini, menyampaikan bahwa DPRD sebagai pengawa­san menyampaikan secara langsung kepada walikota, sehingga bisa menjadi masukan dan eva­luasi bagi Wali Kota. “Kita mengapresiasi Wali Kota. Dan apa yang di­sampaikan fraksi-fraksi dapat diakomodir Wali kota. Dengan adanya masukan dari fraksi-fraksi, berdasarkan itu walikota bisa memanggil PAM Tigo sebagai pemilik modal atau komisaris, nanti keputusan apakah akan diganti atau tidak itu ada di Wali Kota, ini tentu untuk kebaikan pengelolaan PAM Tigo kedepan,” sebutnya.

Pj. Wali Kota Payakumbuh, H Rida Ananda, kepada wartawan menyebut bahwa  masukan dan saran yang disampaikan Dewan, sesuai dengan regulasi akan ditindak lanjuti. Dirinya juga akan menyampaikan terkait perbaikan-perbaikan soal PAM Tigo. “Masukan dan saran dari dewan kita hargai. Sesuai dengan regulasi akan kita tindak lanjuti. Kita akan sampaikan nanti terkait perbaikan-perbaikan. Kalau laba PAM Tigo itu sampai bulan Juni, mudah-mudahan diakhir tahun bisa mencapai target,” sebut Rida Ananda, kepada warta­wan usai paripurna. (uus) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top