Close

Forum Nagari Salurkan Bantuan Paket Pendidikan, Membantu Anak tak Mampu di Tengah Pandemi

KETUA Forum Nagari Pampangan Nan XX Edison, menyerahkan bantuan paket pendidikan kepada pelajar SMP yang berasal dari rumah tangga miskin, disaksikan Kepala Unit CSR PT Semen Padang Rinold Thamrin, di gedung Balai Pertemuan Pampangan.

PT SEMEN Padang ber­ko­mitmen untuk terus me­nyalurkan bantuan pendi­dikan di masa pandemi Covid-19. Selain dari peru­sahaan, penyaluran ban­tuan pendidikan juga disa­lurkan melalui Forum Na­gari, dan diharapkan lebih tepat dan bermanfaat un­tuk peserta didik.

Seperti yang dilakukan Forum Nagari Pampangan Nan XX, Kecamatan Lubuk­begalung dan Forum Na­gari Padangbasi, Keca­ma­tan Lubuukilangan. Dua Forum Nagari yang dibentuk oleh PT Semen Padang ini rutin menyalurkan bantuan pen­di­dikan untuk anak-anak usia sekolah yang berasal dari Rumah Tangga Miskin.

Ketua Forum Nagari Pam­pangan Nan XX Edison mengatakan, bantuan pa­ket pendidikan dari PT Semen Padang rutin dilakukan se­tiap tahun sejak Forum Na­gari Pampangan diben­tuk ta­hun 2017 lalu. Pada tahun ini, ada 30 pelajar SD dan SMP dibantu paket pen­di­dikan berupa tas, sepatu dan alat tulis.

“Setiap tahun Fo­­rum Nagari se­lalu meng­ang­gar­kan ban­tuan paket pen­didikan. Jika se­­be­­lumnya, paket pen­didikan ini khu­sus untuk pelajar SD, sekarang di masa pandemi Co­vid-19, paket pendidikan diberi­kan untuk pe­­la­jar SD, SMP dan SMA. Yang pen­­­ting mereka be­­ra­sal dari Ru­mah Tangga Mis­kin,” ulas Edison.

Agar tepat sa­­sa­­ran, data anak pe­nerima ban­­tuan didapat dari RT masing-ma­sing, se­hingga ban­tuan yang di­be­rikan betul-betul bermanfaat. “Setiap anak itu nilai paketnya di­anggar­kan sekitar Rp300 ribu, tapi tidak dalam ben­tuk uang. Kita beri­kan be­rupa alat tulis seko­lah, se­patu dan juga tas. Se­muanya adalah usu­lan dari masyarakat na­gari,” ungkap Edi­son, me­nyebut saat pan­demi ini banyak orang tua yang mem­­butuh­kan biaya anak se­kolah, karena ma­kin sulitnya ekonomi.

Selain bantuan pa­ket pendidikan, Edison juga menyampaikan bahwa pada 19 Juli 2021, Forum Nagari Pam­pangan Nan XX juga menyalurkan ban­tuan program BMN be­rupa bantuan paket sem­bako dari PT Semen Padang untuk ma­sya­rakat Kelu­rahan Pam­pangan Nan XX yang terdampak Co­vid-19. “Ada 395 paket sem­bako diberikan,” im­buh­nya.

Selain Forum Nagari Pampangan, bantuan paket pendidikan juga di­berikan Forum Nagari Pa­dang­basi yang sudah di­ben­tuk sekitar tahun 2016 lalu. Ketua Forum Nagari Pa­dangbasi Armaigus me­ng­­ung­kap­kan, pemberian paket pen­didikan meru­pakan agen­da rutin tiap tahun dari forum. Anak yang dibantu berasal dari keluarga ti­dak mampu dan ber­pres­tasi. “Minimal nilai rapor­nya masuk lima be­sar atau 10 besar. Kita me­la­kukan social maping di­bantu oleh RT,” kata Ar­maigus.

Tahun ini, ada 75 pe­lajar yang dibantu oleh forum. Setiap anak men­dapat paket tas, sepatu dan juga transportasi. “Bantuan pendidikan su­dah kita berikan 7 Sep­tem­ber lalu. Setiap ta­hun forum meng­aloka­sikan anggaran Rp25 juta un­tuk paket pen­didikan. Alhamdulillah, sudah sejak 2016 program ini berjalan. Dan para orang tua sangat merasa terbantu dengan ban­tuan alat sekolah ini. Mereka tak pusing lagi bagaimana membeli alat tulis, sepatu dan tas anak untuk ke sekolah,” tutur Armaigus. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top