Menu

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Harus Mengakomodir Visi dan Misi Daerah

  Dibaca : 185 kali
Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJMD Harus Mengakomodir Visi dan Misi Daerah
Zul Elfian, Wali Kota Solok

SOLOK, METRO
Walikota Solok Zul Elfian menegaskan, dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 harus segera dipercepat untuk mengakomodir visi-misi dan program unggulan Walikota dan Wakil Walikota Solok. Hal itu disampaikan Zul Elfian saat membuka secara resmi forum konsultasi publik rancangan awal RPJMD Kota Solok tahun 2021-2026.

Dikatakan Zul Elfian, butuh kerja yang lebih keras lagi untuk mencapai target-target RPJMD yang akan disusun sesegera mungkin. Ini menyangkut pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Solok. Sebagaimana diketahui, bahwa berdasarkan Undang-Undang No.25/2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional bahwa pembangunan disusun secara sistimatis, terarah, terpadu, menyeluruh dan responsif untuk menjamin pelaksanaan pembangunan yang efektif, efisien dan tepat sasaran.

Penyusunan perencanaan pembangunan daerah, dilakukan pemerintah daerah bersama para pemangku kepentingan, berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing untuk menghasilkan perencanaan yang partisipatif dengan mengintegrasikan rencana pembangunan daerah, dengan kebutuhan masyarakat.

Forum konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2021–2026. Agenda penting lainnya setelah Konsultasi Publik RPJMD 2021-2026 selesai dilaksanakan, yakni kesepakatan dengan DPRD tentang arah kebijakan Rancangan RPJMD, fasilitasi gubernur, musrenbang penyampaian dan pembahasan Ranperda RPJMD tahun 2021-2026 ke DPRD yang Insya Allah dijadwalkan pada minggu ketiga Mei 2021, sebelum dilakukan evaluasi Gubernur.

Zul Elfian menyampaikan, bahwa Forum Konsultasi Publik ini bertujuan untuk memperoleh masukan dari seluruh pemangku kepentingan untuk penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD Kota Solok. Diharapkan masukan dan saran yang positif dari seluruh pihak guna penyempurnaan Rancangan Awal RPJMD Kota Solok 2021–2022.

Zul Elfian menyampaikan, bahwa dinamika pembangunan daerah yang terus berubah dengan cepat menyebabkan tantangan pembangunan daerah juga semakin berat. Pertumbuhan ekonomi daerah yang cenderung melambat, pengurangan kemiskinan dan pengangguran serta perbaikan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur kota yang belum tertata serta pengamalan terhadap ajaran agama dan adat budaya yang mulai luntur menjadi fokus utama perencanaan pembangunan lima tahun ke depan.

Zul Elfian menjelaskan, lebih jauh makna dari visi tersebut satu persatu, Kota Solok yang diberkahi adalah Kota yang masyarakatnya mengimplementasikan pengamalan syariat agama dalam semua tatanan kehidupan yang dilandasi oleh iman dan taqwa untuk mendapatkan keberkahan dari Allah.

Kota Solok yang maju adalah kota yang memiliki kondisi infrastruktur kota dan fasilitas publik yang lebih baik dalam menunjang percepatan pertumbuhan perdagangan dan jasa. Kota Solok yang sejahtera adalah peningkatan standar hidup masyarakat yang makmur ditandai dengan peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan dan ekonomi masyarakat.

Tata kelola pemerintahan yang bersih merupakan dasar utama dan persyaratan penting dalam mendukung pembangunan ekonomi dan pelayanan publik. Pemerintah yang bersih erat kaitannya dengan dukungan tingkat kepercayaan seluruh pemangku kepentingan dalam pembangunan. (vko)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional