Menu

Forum Advokat Peduli Disabilitas Perjuangkan Alde Maulana jadi CPNS

  Dibaca : 973 kali
Forum Advokat Peduli Disabilitas Perjuangkan Alde Maulana jadi CPNS
Alde Maulana.

PADANG, METRO–Persoalan calon abdi negara yang disabilitas kembali melanda Alde Maulana. CPNS di Badan Pemeriksa Keuangan Negara (BPK) Perwakilan Sumbar ini diberhentikan dari CPNS. Hal ini mengakibatkan alumni Fakultas Hukum Universitas Andalas itu melaporkan persoalan ke Komnas HAM, Ombudsman RI dan juga Forum Lawyer Peduli Disabilitas.

“Bagi saya status disabilitas sudah saya sampaikan. Formasi disabilitas sesuai dengan kebutuhan. Masa saya sendiri tak diluluskan, sedangkan 10 orang temAn saya CPNS BPK. 11 orang yang lulus, termasuk sama saya tahun 2018 sudah keluar SK-nya. Saya jadi heran,apa persoalan yang menggagalkan saya .Ini pun cek kesehatan sudah dilakukan.Semoga ini memberikan saya rasa keadilan untuk mendapatkan hak kembali,” ungkapnya Jumat (29/5) ketika memberikan kronologis persoalan melalui telepon kepada advokat yang tergabung dengan Forum Advokat Peduli Disabilitas.

Aktivis kampus yang dulunya aktif di Mapala Unand tersebut telah memberikan persoalan hukum kepada LBH Padang, Forum Advokat Peduli Disabilitas. Saat ini LBH Padang akan menempuh untuk menggugat SK yang bernomor 73/K/X-X.3/03/2020 kepada PTUN.

Persoalan ini seharusnya tidak terjadi jika BPK melihat aturan di UU No 8 Tahun 2016Tentang Penyandang Disabilitas. “Ketika kami tanya langsung ke bersangkutan Alde Maulana, dia masuk kategori disabilitas yaitu tuna daksa. Jadi harusnya secara aturan penyandang disabilitas masuk dalam formasi CPNS. Pertanyaannya apa hambatan Alde tak dilantik,jika alasannya tak sehat jasmani dan rohani,jelas kami rasa kurang tepat,” jelas Eko Kurniawan,perwakilan Forum Advokat Peduli Disabilitas dalam diskusi dengan kawan kawan advokat peduli disabilitas dalam diskusi virtual dengan zoom bersama rekan rekan advokat dari LBH Padang,Forum Advokat Peduli Disabilitas, Jumat 29 Mei 2020.

Hal senada juga diungkap oleh Wendra Rona Putra Direktur LBH Padang. “Proses CPNS sudah dilalui oleh Alde Maulana secara baik.Tapi kenapa sudah akan mau dilantik,ada persoalan yang mengakibatkan diberhentikan,” jelas Wendra dengan penuh prihatin.

Bagi LBH Padang, Forum advokat Peduli Disabilitas, aturan UU Penyandang Disabilitas perlu diperhatikan dalam penyelesaian masalah Alde Maulana. Di samping itu juga, pemenuhan HAM secara personal,dan lainnya dipertimbangkan sebelum SK diterbitkan.

Alde Maulana ketika ditanya apa harapannya,dia hanya berharap jangan ada lagi yang jadi korban diskriminatif dalam proses rekrumen CPNS. Menurutnya harus ada kejelasan aturan baik sebelum proses CPNS maupun setelah lulus bagi yang penyandang disabilitas (rel)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

IKLAN

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional