Close

Formula 1 GP Italia, Ferrari Malu Lagi di Depan Tifosi

GARIS FINIS—Max Verstappen melewati garis finis di depan Charles Leclerc dan menjuarai balapan Formula 1 GP Italia di Sirkuit Monza, (11/9).

Ferrari benar-benar kehila­ngan muka di depan tifosinya sendiri di balapan Formula 1 GP Italia. Meski sang bintang Charles Leclerc mendapat keuntungan start dari pole position, lagi-lagi mereka gagal meraih kemenangan.

Lebih parah lagi, kemenangan mereka dicuri oleh sang rival Max Verstappen (Red Bull) yang pada balapan di Sirkuit Monza tersebut start dari posisi ketujuh.

Verstappen sudah berada di posisi kedua saat balapan baru berjalan lima lap. Sang juara bertahan dengan relatif mudah melewati lawan-lawan yang membalap di depannya.

Leclerc melakukan pit stop pertama di lap 12 di tengah periode keluarnya safety car buntut kerusakan mobil yang ditunggangi Sebastian Vettel.

Mobil Red Bull tampil sangat baik di barisan depan dan 12 lap berikutnya Verstappen melakukan pit stop dan kembali ke trek tepat di belakang Leclerc.

Pada lap 34, Leclerc pit stop untuk kali kedua dan membuka pintu bagi Verstappen untuk memimpin balapan.

Meski punya pace bagus di kua­lifikasi, Leclerc gagal memburu Verstappen di depan dan harus finis di posisi kedua.

Dia finis di depan pembalap Mercedes George Russell yang membalap “sendirian” nyari sepanjang lomba.

Itu menjadi podium ketujuhnya musim ini. Balapan berakhir di te­ngah periode safety car karena mobil McLaren yang digeber Daniel Ricciardo mogok di trek. Safety car ini pula yang ikut menghalangi Leclerc semakin sulit memburu Verstappen.

Dengan meraih poin sempurna 25, Verstappen kini mengumpulkan 335 poin di puncak klasemen. De­ngan demikian, jaraknya poinnya dengan rival terdekatnya Charles Leclerc (di posisi kedua) tambah melebar menjadi 116 angka.

GP Italia di Sirkuit Monza adalah seri ke-16 di kalender balap Formula 1 tahun ini.  Dengan enam seri tersisa, sungguh berat bagi Leclerc untuk mengejar ketertinggalan itu.

Jarak 116 poin sama dengan empat kemenangan lebih. Artinya, Verstappen tinggal sedikit lagi mempertahankan gelarnya. (jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top