Close

FKUB Kota Bukittinggi Dikukuhkan dan Gelar Malam Kebersamaan

Dalam meningkatkan silaturahmi serta menjaga kerukunan umat beragama di Kota Bukittinggi, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bukittinggi menggelar malam kebersamaan sekaligus pengukuhan pengurus, di Hotel Dymens Bukittinggi, Kamis (29/10).

BUKITTINGGI, METRO–Dalam meningkatkan silaturahmi serta menjaga kerukunan umat beragama di Kota Bukittinggi, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bukittinggi menggelar ma­lam kebersamaan sekaligus pengukuhan pengurus, di Hotel Dymens Bukittinggi, Kamis (29/10). Kegiatan tersebut dihadiri Walikota Bukittinggi, Wakil Wali Kota, Sekreta­ris Daerah, Kakan Kemenag, unsur Forkopimda, Kepala Kesbangpol, Camat, Kepala KUA, Lurah, Kasubbag Bina Lembaga Pemko dan sejumlah ta­mu undangan lainnya.

Ketua FKUB  H Persa­lide didampingi Sekreta­ris, H Gazali menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan agenda tahunan FKUB Bukittinggi dalam merawat kerukunan dan menjaga kebersamaan yang selama ini sudah terjalin dengan baik di Kota Bukittinggi.

“Kami sangat bersyu­kur dengan adanya kekompakan, kebersamaan antara tokoh agama, FK­UB, pemerintah Kota Bukittinggi yang mencerminkan suatu kerukunan. Kerukunan di Kota Bukittinggi ini tidak bisa terwujud sendiri, jika tidak ada kepedulian dan semangat yang tinggi dari semua pihak,” tutur Persalide.

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi Kasmir me­nyampaikan, keterlibatan semua pihak dan semua komponen masyarakat sangat penting untuk me­wujudkan kerukunan di Kota Bukittinggi. “Dengan meningkatnya kualitas kerukunan, secara otomatis berdampak terhadap keberadaan Kota Bukittinggi sebagai Kota Wisata, Kota Multi Etnis dan Kota Pendidikan ini,” kata Kasmir.

Selanjutnya Kakan Kemenag, menyampaikan, pemerintah mencanangkan pada 2022 sebagai tahun toleransi. Provinsi Sumbar merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang berkesempatan men­jadi tuan rumah tahun toleransi 2022. “Dengan kebersamaan dan komitmen kita bersama dari seluruh pihak terkait baik Kemenag, Forum Kerukunan Umat Beragama (FK­UB) kabupaten dan kota, Organisasi Islam dan ma­syarakat dan instansi terkait Insya Allah kita siap menjadi salah satu tuan rumah tahun toleransi,” papar Kasmir.

Kementerian Agama dalam mempersiapkan ini banyak melakukan kegiatan di Bukittinggi  baik yang diikuti tokoh ma­syarakat, tokoh agama, jurnalis dan yang lainnya dalam bentuk FGD mempersiapkan tahun toleransi 2022 dan memperkuat moderasi beragama di Provinsi Sumbar. FGD ter­sebut yang menjadi tolak ukur pelaksanaan tahun toleransi pada tahun 2022 nantinya. “Mudah-mudahan dengan kebersamaan kita hal ini bisa tercapai,” tuturnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengapresiasi, FKUB Bukittinggi sebagai sebuah wadah yang dibentuk masyarakat dan difasilitasi pemerintah dalam membangun dan menjaga serta memberdayakan umat beragama dalam menjaga kerukunan di Kota Bukittinggi.  “Kami berharap FKUB Kota Bukittinggi dapat memperkuat perannya dalam menjaga kerukunan di Kota Bukittinggi,” ujar Erman.

Wako mengajak, FKUB untuk ikut serta mensukseskan Vaksinasi di Kota Bukittinggi melalui tokoh-tokoh agama dan etnis yang ada. “Mudah-mudahan dengan keterlibatan tokoh yang ada di FKUB target Vaksinasi dalam mencegah penyebaran Covid-19 cepat tercapai,” ujar Erman. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top