Close

FKS Sigi Perkembangan Kota Sehat Payakumbuh

STUDI BANDING--Forum Kota Sehat (FKS) Kota Bukittinggi melakukan kajo banding ke Kota Payakumbuh.

BUKITTINGGI, METRO–Forum Kota Sehat (F­KS) Kota Bukittinggi me­lakukan kajo banding ke Kota Payakumbuh. Pertemuan dalam rangka saling bertukar informasi itu, dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan Payakumbuh, Senin (6/12). Ketua FKS Bukittinggi melalui Anggota Deni Calter menjelaskan, kaji banding dilakukan untuk lebih menambah informasi dan strategi da­lam merealisasikan kota sehat. Payakumbuh menjadi salah satu kota terbaik di Sumbar dalam pengelolaan kota sehat. Sehingga telah menerima Swaati Saba Wistara ke 6 hingga tahun 2019 lalu.

“Banyak ilmu yang bi­sa kita timba dari Payakumbuh yang hingga 2019 telah meraih Swasti Saba Wistara 6. Memang tahun 2021 ini, Payakumbuh dan Bukittinggi tidak lolos ve­rifikasi di pusat, namun, kami dari FKS, tentu tetap butuh informasi, bagaimana perkembangan kota sehat di Kota Payakumbuh,” jelas Deni.

Ketua FKS Bukittinggi Amrizal Jufri menyampaikan, apresiasi terhadap kunjungan FKS Bukittinggi. Di mana, kedua daerah cukup banyak sinergi, terutama dibidang kota sehat. Meskipun tidak lolos verifikasi tahun 2021 ini, namun pembinaan dan pengelolaan kota sehat harus tetap dijalankan. “Kita memang kecewa, kenapa Payakumbuh dan Bukittinggi tidak lolos ve­rifikasi pusat. Tapi hal tersebut tidak menjadi sandungan untuk kita te­tap beraktifitas. FKS di­dukung tim pembina, tetap bergerak bagaimana lahir inovasi dan kegiatan langsung dari masyarakat,” kata Amrizal.

Beberapa upaya yang dilakukan FKS Bukittinggi, menjadikan satu lokus dapat melahirkan beberapa tatanan. Kemudian, ba­gaimana mengupayakan per­soalan pemasaran hasil kerajian dari pengolahan sampah oleh masya­rakat dimaksimalkan.

Terbaru, saat ini di FKS bersama Pemko Payakumbuh, menjadikan Pa­sar Ibuh menjadi pasar berstandar nasional dan menjadi satu satunya pa­sar dengan standar SNI di Pulau Sumatera. Ini diupayakan dengan melakukan penilaian terhadap pasar, penataan pasar, komoditi, mengelola pedagang dengan jenis daga­ngan ikan basah. “Dibuat komunitas yang kompak, sehingga setelah beraktifitas para pedagang langsung goro untuk membersihkan lokasi,” jelasnya.

Selanjutnya, FKS Pa­yakumbuh juga melakukan verifikasi tingkat kecamatan satu kali dua tahun, sebagai motivasi FKKS. Kegiatan kota sehat, memang butuh komitmen dari pemerintah. Pendataan dan kegiatan kota sehat, juga butuh interfensi, terutama kepada SKPD terkait melalui cara dan jalur yang baik. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top