Menu

FKS Kota Bukittinggi Beri Pembinaan FKKS Kecamatan MKS

  Dibaca : 106 kali
FKS Kota Bukittinggi Beri Pembinaan FKKS Kecamatan MKS
PEMBINAAN—FKS Bukittinggi memberikan pembinaan terhadap FKKS Kecamatan Mandiangin Koto Salayan (MKS) Bukittinggi.

Forum Kota Sehat (FKS) Kota Bukittinggi, memberikan pem­binaan kepada Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) Ke­ca­matan Mandiangin Koto Selayan (MKS). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Camat MKS, Jumat (25/6).

Camat MKS, Erizal menje­laskan, SK kepengurusan FKKS Kecamatan MKS, tengah diper­siapkan. Namun, pihak kecamatan telah terlebih dahulu mem­per­siapkan sekretariat FKKS. “De­ngan pembinaan ini, tentunya, para calon pengurus FKKS keca­matan MKS, dapat memahami tugas untuk menciptakan ling­kungan dan masyarakat keca­matan MKS yang sehat,” ujar Erizal.

Anggota DPRD Bukittinggi, H Syafril yang juga menjadi pengu­rus FKS Bukittinggi menyam­pai­kan, dalam pelaksanaannya nanti, pihaknya selaku anggota dewan, siap memfasilitasi dan terjun langsung dalam menjadikan Bu­kittinggi yang sehat. Banyak program yang bisa dipersamakan dengan anggota DPRD, Asril, yang juga masuk dalam kepengurusan FKS Bukittinggi.

“Salah satu rencana program, yaitu Bukittinggi terang dan me­masang CCTV untuk memantau jadwal pembuangan sampah. Selain itu, juga akan ada program lain yang alan difasilitasi melalui pokok pikiran (Pokir) anggota dewan. Intinya, bagaimana kita bersama dapat menciptakan Bu­kittinggi yang sehat dan nyaman,” ujar Syafril.

Wakil Ketua FKS Bukittinggi Ali Rahman menjelaskan, sejak dua bulan terakhir FKS Bukittinggi, melaksanakan kegiatan secara “marathon” untuk percepatan persiapan penilaian kota sehat tahun 2021 ini. Di mana Bukittinggi ditargetkan dapat kembali meraih penghargaan Swasti Saba Wistara untuk kedua kalinya.

“Sejumlah persyaratan dan data telah kita kirimkan ke pusat. Selanjutnya, dalam beberapa waktu kedepan, tim dari pusat, akan melaksanakan penilaian ke Kota Bukittinggi terkait kota sehat. Dimana, hingga saat ini, belum dapat dipastikan, penilaian akan dilakukan langsung ke lapangan atau secara virtual,” jelas Ali.

Secara bertahap, FKS Bu­kit­tinggi akan melaksanakan pembi­naan ke FKKS setiap kecamatan dan juga pokja kelurahan sehat. Sehingga visi FKS menciptakan Bukittinggi hebat berlandaskan adat basandi syara’ syara’ ba­sandi kitabullah (ABS-SBK) dapat direa­lisasikan secara bersama-sama.

“Kami tentu berharap, FKKS nantinya dapat meng­koor­di­nasi­kan, mengintegrasikan, mensing­kronkan dan mengimplementasi­kan prioritas, perencanaan antar kelurahan satu dengan kelurahan lainnya di wilayah kecamatan, yang dilakukan masing masing pokja kelurahan,” jelas Ali.

Ada enam tantanan yang dia­jukan FKS Bukittinggi untuk pe­nilaian tahun 2021 ini yakni, tatanan permukiman, sarana dan pra­sarana sehat, tatanan tata tertib lalu lintas dan pelayanan trans­portasi, tatanan pariwisata sehat, tatanan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kehidupan masyar­a­kat sehat yang mandiri, tatanan kehidupan sosial sehat, serta upaya pengendalian dan penanga­nan Covid-19. (pry)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional