Menu

FGD Penyusunan Naskah Akademis Rancangan Perda, Komposisi APBD bakal Berubah

  Dibaca : 82 kali
FGD Penyusunan Naskah Akademis Rancangan Perda, Komposisi APBD bakal Berubah
FORUM DISKUSI— Suasana FGD Penyusunan Naskah Akademis Rancangan Peraturan Daerah (Perda), Selasa (15/1), di salah satu hotel di kawasan Juanda. (sri agustini/posmetro)

JUANDA, METRO – Pemerintah Kota Padang akan mulai menerapkan PP No 13 tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah. Dengan diterapkannya aturan tersebut, komposisi APBD Kota Padang sudah dipastikan berubah.

Hal ini diungkapkan Kepala BPKAD Kota Padang, Andri Yulika usai pembukaan FGD Penyusunan Naskah Akademis Rancangan Peraturan Daerah (Perda), Selasa (15/1) di salah satu hotel di kawasan Juanda.

Dikatakan Andri, semua komposisi APBD tak lagi sama. Jika biasanya ada item belanja langsung dan belanja tidak langsung, untuk ke depannya kedua item tersebut tak ada lagi.

Yang ada adalah belanja modal, belanja transfer, belanja program dan beberapa komposisi lainnya. Fokus Group Discussion itu dimaksudkan untuk menyamakan persepsi aparatur Pemko Padang agar bisa memgerti dan menerapkan aturan baru tersebut. FGD yang juga dihadiri kepala Bappeda Padang ini juga menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri dan perwakilan OPD Pemko Padang.

Andri menyebutkan, untuk penerapan aturan baru ini nanti diterapkan pada ABD 2021. Dimana, prosesnya dimulai pada awal 2020 nanti. Mulai dari Musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan, hingga musrenbang tingkat kota dan pembahasan APBD.

“Jadi efektifnya adalah untuk APBD tahun 2021. Tapi prosesnya sudah kita mulai sejak awal 2020,” katanya.

Aturan baru ini dimaksudkan untuk menyempurnakan terhadap kekosongan pada aturan sebelumnya. Sehingga diharapkan APBD menjadi sesuatu yang tepat sasaran dan merinci setiap kegiatan yang dilakukan. (tin)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Fanpage Facebook

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional