Close

Festival Vaksin Solusi Percepatan Pencapaian Target 75% Vaksin Pasaman Barat

LAUNCHING—Pj Wali Nagari Sinuruik Faridh M Ali,Wabup Pasbar Risnawanto, pihak Polres Pasbar dan pihak PMI Pasbar berfoto bersama ketika acara Launching Festival Vaksin.

Nagari Sinuruik Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat (Pas­bar), merupakan Nagari pertama  yang melaksanakan  Kegiatan vaksinasi dengan cara vaksin berbahagia. Dan mengajak dan membawa masya­rakat untuk tidak cemas dan tegang untuk di Vak­sin.Nagari Sinuruik melauncing program percepatan vaksin ini dengan cara Festifal vaksin dan vaksin delivery.

Dari 19 nagari yang ada di Pasbar, Nagari Sinuruik lah salah satunya yang pertama membuat program vaksin, berjalan dengan sukses.  Sebuah keseharusan bagi Nagari, untuk mengsukseskan program pemerintah dalam mengejar target vaksinasi Pasbar, dengan target 75 persen hingga bulan Januari 2022 mendatang.

Hal tersebut terung­kap, saat Pemerintah Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, pada Kamis (14/10) melaksanakan Laun­ching Festival Vaksin dan Vaksin Delivery untuk pencapaian target Vaksinasi di Kabupaten Pasbar. Di dalam Launching vestifal vaksin dan vaksin delivery itu Nagari Sinuruik  menargetkan 1000 orang untuk dilakukan vaksinasi, kegiatan Vaksinasi tersebut  tersebar  di tiga  tempat, yaitu di halaman Kantor Camat Talamau menjadi pusat kegiatan  dan tempat pendidikan yaitu SMA dan SMK yang ada di Kenagarian Sinuruik.

Di dalam acara vestival vaksin dan vaksin delivery tersebut  dihadiri oleh, unsur Forkopimda Kabupaten Pasbar, Ketua PMI Provinsi Sumbar Drs. Aristo Munandar ketua PMI Pasbar  H. Risnawanto , Kapolda Sumbar yang di wakili oleh bapak AKBP Sugeng Gariyadi   Forkopimca Kecamatan Tala­mau, Tenaga Kesehatan,  Ninik Mamak alim Ulama, serta seluruh masyarakat yang hadir untuk mendapatkan vaksinasi.

Pada kesempatan ter­sebut Wakil Bupati Pasbar, H. Risnawanto mengatakan,  dalam rangka Pencapaian dalam  percepatan target vaksinasi di Pasbar,  Pemerintah daerah sudah  menargetkan 75% hingga bulan Januari 2022.  “Kita menargetkan vaksinasi di Pasbar 75 persen hingga bulan Januari mendatang. Dalam program pemerintah, vaksinasi ini merupakan salah satu upaya untuk melawan dan mencegah Covid-19,” kata Risnawanto.

 Risnawanto juga mengucapkan terimakasih kepada  Kapolda Sumbar, PMI Sumbar , Kapolres Pasbar dan Dandim 0305 Pasaman beserta relawan PMI Pasbar, khususnya pengurus PMI Kecamatan Talamau serta Camat dan Nagari beserta jajarannya yang telah bahu membahu bekerjasama dalam mendorong percepatan vaksinasi di Kabupaten Pasaman barat.

“Terimakasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada para pejabat Polda Sumbar , PMI, Dandim 0305  dan realawan yang telah bekerjsama untuk memuruskan mata rantai virus Covid-19 ini dengan cara gebyar vaksin ,” sebut  Risnawanto.

Dikatakan Risnawanto, sebuah  apresiasi kepada Pemerintah Nagari Sinuruik dan Kecamatan Talamau beserta masya­rakat, yang telah bekerjasama dalam mensukseskan program pemerintah tersebut. Ini satu-satunya Nagari di Pasbar  yang membuat program dalam vaksinasi untuk masya­rakat.

Bisa dikatakan vaksinasi bahagia dan tidak menegangkan  ini bisa mengalihkan isu isu hoax yang menghambat terlaksananya vaksinasi ini.  “Saya lihat semua berbahagia pada hari ini, dan tidak ada satupun yang takut dan tegang dalam melaksanakan vaksinasi ini, “ ungkapnya.

Seperti inilah, yang se­ha­rusnya dilakukan oleh­ se­luruh nagari selaku ujung tombak pemerintah dalam mengsukseskan vaksinasi di dalam pencapaian target Di pasaman barat ini. “Nagari Sinuruik dalam hal ini bisa menjadi pelopor dan percontohan bagi nagari lain yang ada di Pasbar,”ucap Risna­wanto bangga.

Sementara itu, Pj. Wali Nagari Sinuruik,  Faridh Muhammad Ali. S. STP,  MM mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan oleh Pemerintah Nagari Sinuruik dengan pendanaan dana Nagari yang pelak­sanaannya  dibantu  oleh forkopimca ,tenaga kesehatan dan PMI Kabupaten Pasbar.

“Keberhasilan ini tak tercapai jika tidak ada kerjasama yang apik sehingga acara ini terselenggara dengan baik, terarah yang membuahkan hasil yang maksimal,”kata Fa­ridh.

Kita ucapan kusus kepada pihak kepolisian dan TNI dalam hal ini, Ka­polsek Talamau dan Danramil Talu , yang sudah berperan sangat aktiv untuk tercapainya vaksinasi ini, sampai  satu unit operasional kapolsek juga turut digunakan untuk men­jemput warga yang akan divaksin. “Kegiatan ini kita lakukan  untuk mempercepat capaian  tar­­get Pemda Pasbar di dalam percepatan vaksinasi. “ujarnya.

Pada Launching festival vaksin dan vaksin delivery nagari sinuruik mam­pu menghadirkan 1000 vaksinasi. Kedepan nya, akan ada 3 kali Festival lagi yang akan kita Laksanakan. Seperti di Kampung Tombang dan Jorong Harapan, karna masyarakat  yang berada di jorong tersebut  sangat jauh dari pusat  pemerintah.  “Kita akan jemput bola dan melaksanakan kegiatan vaksin delivery di Kejorongan, dengan cara di setiap kejorongan mengumpulkan minimal 80 orang yang akan di vaksin,” terangnya.

Pada akhir tahun ini, kita targetkan 75 persen warga kita sudah di vaksin. Berkat kerjasama yang telah, kita bina antara seluruh stakeholder yang ada, kegiatan ini, berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan. “Bah­kan, berkat usaha ker­ja keras bersama untuk meyakinkan masyara­kat­ untuk bersedia divaksin.   sudah lebih dari 1000 orang masyarakat yang di vaksin,” terang Faridh. (end)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top