Close

Festival Urak Balabek Berjalan Sukses, 14 Komunitas Budaya di Pauh Ambil Bagian

Jamuan makan bajamba dalam acara Festival Urak Balabek di Pauh V, Kecamatan Pauh.

Festival Urak Balabek dige­lar 2-4 Desember 2021 di Gelang­gang Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh V, Kawasan Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Kota Padang. Kegiatan ini meli­batkan 14 kelompok sasaran silek, randai dan sanggar seni budaya se-Kecamatan Pauh.

Iven Festival Urak Balabek merupakan iven budaya yang menampilkan berbagai atraksi budaya khas Anak Nagari Pauh V. Mulai dari prosesi mandarahan galanggang nagari dengan me­nyem­belih kerbau, hingga me­nyiapkan kuliner khas adat Na­gari Pauh V, serta penampilan seni silek Pauh, randai, musik dendang pauh dan tari-tari klasik Pauh. Seperti tari buai buai, tari kain, tari piriang dan mancak Padang serta tari gandang khas pauh.

Seluruh mata budaya terse­but terus dilestarikan oleh pemi­lik budaya Pauh dan seluruh penampilan tersebut mendapat apresiasi dari penonton. Penon­ton juga dapat menyaksikan iven ini secara live di medsos (media sosial) yang dishared panitia.

Ketua KAN Pauh V, M Nazif Malin Basa mengharapkan iven ini diharapkan masuk dalam calender of event budaya Kota Padang. Atau menjadi acara rutin tahunan yang digelar di Kota Padang. “Kami masyarakat adat Pauh V siap mendukung sepe­nuhnya agenda ini terlaksana secara terus-menerus. Karena melalui iven ini potensi seni budaya nagari Pauh V, Keca­matan Pauh dapat disaksikan secara nyata,” katanya.

Anggota DPRD Padang dari Dapil II (Pauh dan Kuranji) Das­man menyebut, Festival Urak Balabek ini merupakan sinergi­tas antara pemerintah dan ma­sya­rakat adat Pauh V. Dia meng­harapkan, acara ini terus dilaksa­nakan setiap tahunnya. “Ini perlu diapresiasi dan dijadikan agenda tetap iven budaya di Kota Pa­dang. Selaku anggota DPRD Padang saya siap memperjuang­kannya di APBD induk Kota Padang untuk keberlangsungan acara ini ke depan,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Pa­dang Habibul Fuadi mengucap­kan terima kasih banyak kepada Anggota DPRD Padang Dasman karena telah mendukung mem­per­juangkan acara ini pada ang­garan daerah melalui pokir (pokok pikiran) sebagai wakil rakyat.

“Ini merupakan iven budaya unggulan Kota Padang. Sangat tersinergi dengan program Pem­ko Padang dalam rangka mema­jukan kebudayaan daerah seba­gai ikon Kota Padang sebagai daerah tujuan pendidikan dan pariwisata di Sumbar. Pemko Padang juga berterimakasih kepada masyarakat adat di Nagari Pauh V yang telah bahu membahu menyukseskan agen­da budaya perdana di Kota Padang ini,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top