Close

Festival Silek On The Sea 2021, Tingkat Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat

SERAHKAN HADIAH—Wako Pariaman H Genius Umar saat menyerahkan hadiah.

Laporan : Efanurza, Kota Pariaman

Kota Pariaman gelar festival silek On The Sea tahun 2021. Festival tersebut bertabut hadiah yang diserahkan Walikota Pariaman Genius Umar. Festival tersebut untuk kemajuan pariwisata Kota Pariaman. Dengan berkembang pariwisata secara tidak langsung eko­nomi masyarakat Kota Pariama meningkat. “Sekarang saya menyerah hadiah kepada pemenang Festival Silek On The Sea 2021,” kata Walikota Pariaman H Genius Umar, kemarin.

Festival Silek On The Sea diikuti oleh 12 Kabupaten/Kota dari 19 Kabupaten/Kota yang ada di Sumatera Barat. Ada dua kategori yang diperlombakan yaitu kategori putra dan kategori putri, dewasa dan remaja. Untuk remaja usia 9-15 tahun, dan untuk dewasa usia 16-30 tahun. Festival ini memperebutkan hadiah total sebanyak Rp.75 jt, dan seluruh pemenang akan diberikan hadiah berupa emas. Berikut nama-nama da­erah Kabupaten/Kota yang menang dalam acara Festival Silek On The Sea 2021.

Kategori Dewasa Putri, Peringkat I dengan nilai 249 diraih oleh Kota Pariaman dari Kecamatan Pariaman Tengah, Peringkat II dengan nilai 248 diraih oleh Kota Payakumbuh, Peringkat III dengan nilai 246 diraih oleh Kota Pariaman dari Kecamatan Pariaman Selatan, Peringkat IV dengan nilai 243 diraih oleh Kabupaten Pesisir Selatan, dan Peringkat V dengan nilai 227 diraih oleh Kota Pariaman dari Kecamatan Pariaman Utara.

Kategori Berpasangan Dewasa Putra, Peringkat I dengan nilai 267 diraih oleh Kota Pariaman, Peringkat II dengan nilai 259 diraih oleh Kabupaten Ta­nah Datar, Peringkat III dengan nilai 255 diraih oleh Kota Pariaman dari Kecamatan Pariaman Tengah, Peringkat IV dengan nilai 251 diraih oleh Kabupaten Padang Pariaman, dan Peringkat V dengan nilai 247 diraih oleh Kabupaten Pesisir Selatan.

Kategori berpasangan putra remaja, peringkat I dengan ni­lai 246 diraih oleh Kota Pariaman, Peringkat II dengan nilai 238 diraih oleh Kabupaten Agam,­ Peringkat III dengan ni­lai 238 diraih oleh Kota Pariaman dari Kecamatan Pariaman Te­ngah, Peringkat IV dengan ni­lai 237 diraih oleh Kabupaten Si­jun­jung, dan Peringkat V dengan nilai 237 diraih oleh Kota Pa­riaman dari Kecamatan Pa­ria­man Utara (II).

Kategori remaja putri, peringkat I dengan nilai 240 diraih oleh Kota Pariaman dari Kecamatan Pariaman Utara, Peringkat II dengan nilai 233 diraih oleh Kota Pariaman dari Kecamatan Pariaman Tengah, Peringkat III dengan nilai 229 diraih oleh Kabupaten Tanah Datar, Peringkat IV dengan nilai 226 diraih oleh Kota Pariaman, dan Peringkat V dengan nilai 218 diraih oleh Kota Pariaman dari Kecamatan Pariaman Selatan.

Reza Pahlevi, Direktur Event­ Da­erah dari Kementerian Pa­­­ri­­wisata dan Ekonomi Kreatif (Ke­­men­parekraf) Republik In­do­ne­sia.

 Suksesnya Festival Silek On The Sea yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman di ba­wah pimpinan Dwi Marhen Yo­no, membuat Bangga Walikota Pa­riaman Genius Umar serta Re­za Pahlevi, Direktur Event Da­erah dari Kementerian Pari­wi­sata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpare­kraf) Republik Indo­ne­sia. “Ke­gia­tan ini kebanggaan kita semua,” kata  Reza Pahlevi pada saat menutup secara resmi acara­ Festival Silek On The Sea, yang digelar di Pentas Seni Pantai Kata Pariaman. “Dengan adanya kegiatan Silek On The Sea 2021 yang baru pertama kali di­gelar oleh pemerintah kota pa­riaman, akan bisa menambah referensi wisatawan untuk datang berkunjung ke kota pariaman, guna melihat atraksi seni budaya silek yang ada di kota pariaman, sekaligus juga bisa meningkatkan ekonomi ma­sya­ra­kat kota pariaman, terutama disaat pandemi seperti se­ka­rang ini, yang tidak kita keta­hui kapan akan berakhirnya,” sebut Direktur Event Daerah dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Ke­men­pa­rekraf) Republik Indonesia Reza Pahlevi.

Reza Pahlevi menjelaskan bahwa event seperti ini merupakan salah satu media yang strategis untuk bisa mengembangkan dunia pariwisata di Kota Pariaman, dan juga daerah lainnya. “Dengan banyaknya event yang ada, kita harapkan event ini bisa menjadi ajang untuk mempromosikan UMKM, melalui event juga menjadi ajang untuk pemberdayaan masyarakat, dan dapat juga memberikan dampak lingkungan , dampak sosial, untuk menyampaikan pesan-pesan dan sebagainya”, tambah Reza.

Untuk itu beliau memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Pariaman, khususnya Disparbud kota Pariaman yang telah berhasil melaksanakan kegiatan ini, dengan inovasi-inovasi yang dikeluarkan sehingga kita mampu menjadi yang terbaik. “Pada intinya kami siap mendukung apa yang telah disampaikan oleh Walikota Pariaman Genius Umar tadi, apakah Pariaman tour atau Pariaman bike cross country. Selagi tujuannya untuk melestarikan dan membangkitkan kembali kearifan lokal seperti silek tradisional dan juga berkembang sehingga silek bisa menjadi turun temurun kepada anak kemenakan kita,” ulas Reza. (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top