Menu

Festival Rendang Mendunia, Bulog Sumbar Raih Rekor MURI

  Dibaca : 89 kali
Festival Rendang Mendunia, Bulog Sumbar Raih Rekor MURI
Kepala Bulog Sumbar Tommy Despa­lingga.

THAMRIN, METRO–Bulog Divisi Regional Sumatera Barat memperoleh sertifikat Rekor Museum Rekor Indonesia ( MU­RI)  dalam kegiatan Festival Rendang Mendunia, yang diikuti oleh Ibu Presiden Iriana Joko Widodo dan Ibu Panglima TNI. Pe­laksanaan sendiri dipusatkan di Mako Lantamal II Padang baru-baru ini.

Seperti diketahui, kegiatan festival rendang men­dunia dilaksanakan untuk memperkenalkan masakan khas minang ter­sebut ke seantero dunia, dengan target jangka panjang rendang bisa masuk dalam warisan Unesco dari Indonesia.

“Jadi kegiatan Festival Rendang Mendunia ini ini­sasi dari Pak Hargianto Danlantamal II Padang, saat menerima kunjungan Ibu Panglima TNI saat me­ninjau Desa Bahari di Bungus Teluk kabung. Bapak Danlantamal mencoba me­nginsiasi rendang agar tercatat di Unesco. Bulog hanya sebagai sponsorship,” ujar Kepala Bulog Sumbar Tommy Despa­lingga, Senin (13/9).

 Tommy menambahkan,  Bulog Sumbar pada saat itu diminta Danlantamal II Padang menyediakan daging sebanyak 400 kg, untuk dimasak Danlantamal, Gubernur Sumbar, Danrem 032 Wirabraja dan Wako Padang.

Selain itu juga Bulog juga ikut membantu mensponsori pelaksanaan ke­giatan tersebut, sehingga Bulog bersama Danlantamal II, Gubernur Sumbar dan Kaboga mendapat ap­resiasi dari MURI.

“Kita ikut berpartisipasi dalam iven ini, karena rendang begitu penting bagi Indonesia khususnya Sumbar. Dengan harapan Unesco bisa menggolkan rendang menjadi warisan Indonesia. Beberapa tahun lalu, rendang hampir di­klaim Malaysia. Akan tetapi setelah pembuktian, Unesco tidak bisa memberikan warisan ke Malaysia, karena rendang bukan produk Malaysia,”urai Tom­my.

Lebih lanjut Tommy menjelaskan, daging yang disediakan pada saat memasak rendang adalah daging kerbau beku yang sudah memiliki sertifikat halal dari MUI dan Balai Karantina Hewan. Daging dimasak pada 5 tungku, masing masing tungku 80 kg.

“Setelah di rendang, daging Bulog juga tak kalah dengan daging lainnya. Rasanya juga tak berubah. Daging kita daging kerbau beku,. Ini menandakan juga bahwa daging beku Bulog memiliki kualitas yang bagus dan higienis “ tandasnya. (hen)

Editor:
KOMENTAR

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional