Close

Festival Rakik Anak Nagari Sarat Makna Nilai Seni

BUKA FESTIVAL—Wabup Agam Irwan Fikri Dt Parpatiah menyaksikan sekaligus membuka Festival Rakik Anak Nagari Jorong Pangkal Tanjung Nagari Tanjung Sani.

AGAM, METRO–Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah SH menyaksikan sekaligus membuka secara resmi Festival Rakik Anak Nagari Jorong Pangkal Tanjung Nagari Tanjung Sani (Patas), Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (3/5).  Pegelaran satu kali setahun di momen Idul Fitri itu mendapat apresiasi wakil bupati. Dikatakan, festival yang sarat makna dan nilai seni itu perlu terus dilestarikan dari generasi ke generasi. “Melihat begitu semangat para pemuda di nagari ini saya yakin festival ini akan dapat dilestarikan hingga kapanpun,” ujar Irwan.

Wabup menyebutkan, fes­tival yang berlangsung semarak itu dapat terlaksana tidak terlepas dari kekompakan masyarakat, baik yang ada di kampung maupun di rantau. “Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat datang perantau, semoga kekompakan seperti ini akan terus terbina untuk masa akan datang,” ucap Irwan.

Disisi lain salah satu peserta Rakik Rasta yang dikomandoi Wawan. Wawan  menyebutkan , Festival Rakik Anak Nagari Jorong Patang merupakan iven tahunan yang terus diikuti, Di samping ajang silaturahmi juga ingin memberikan tontonan bagi masyarakat Salingka Danau yang baru saja pulang dari perantauan.

“Bagi kami ada kepuasan tersendiri bagi kami dari Rasta (Rang Sungai Tampang) untuk mengisi kegiatan di hari Raya Idul Fitri ini, sebab dengan adanya kegiatan ini kami dari Rasta tentu berbagi tugas, kepada pemuda-pemudi yang ingin menyukseskan iven tahunan ini,” ujar Wawan.

Katanya, ketika berbagi tugas itu lah kembali merajut asa dan mempererat tali silaturahmi. Dengan kebersamaan dan kekompakan di bawah komando tentu banyak hal yang terbentuk. Sehingga apa yang menjadi tujuan utama dalam ivent ini Alhamdulilah terlaksana dengan sempurna.

Ia berharap dari peserta Rakik Rasta kedepan kegiatan ini lebih meriah lagi di adakan. Bahkan, untuk penilaian.baik dari segi seni,variasi dan letusan badia batuang dan Marcon harus di utamakan agar mengundang keikut sertaan warga Salingka Danau

Ditambahkan, Festival Rakik Anak Nagari Jorong Patas hanya diikuti 11 rakik. Tahun depan harus lebih banyak lagi agar kemeriahan ini bisa mengundang para perantu untuk kembali pulang kampung. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top