Close

Festival Pesona Danau Maninjau 2022 Resmi Ditutup, Irwan Fikri : Bukan sekadar Event, Upaya Perkuat Marwah Daerah

PENUTUPAN-Wakil Bupati Agam Irwan Fikri menutup secara resmi Festival Pesona Danau Maninjau 2022 di objek wisata Linggai Park, Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (31/7).

AGAM,METRO–Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Dt Parpatiah menutup secara resmi Festival Pesona Danau Maninjau 2022, di objek wisata Linggai Park Kecamatan Tanjung Raya, Minggu (31/7).

Penutupan ini dihadiri secara langsung Kepala Disparpora Agam, Syatria beserta jajaran dan peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan itu. Wabup Irwan Fikri menyebutkan, Festival Pesona Danau Maninjau ini bukan hanya sekedar event, tapi upaya untuk perkuat marwah daerah.

Menurutnya, festival ini berikan persepsi bahwa kawasan Danau Maninjau adalah wujud istimewa dari keindahan alam, serta intelektualitas budaya yang melahirkan karakter wila­yah dan personal. “Maka rangkaian festival ini dapat melahirkan sinergitas dan kolaborasi kegiatan yang sangat baik,” ujarnya.

Untuk itu katanya, ini perlu dijadikan pemikiran ke depannya, karena menurutnya dapat me­nun­jang program unggulan pe­me­rintah daerah. “Kita berha­rap festival ini berlanjut setiap tahun, sehingga dampak terhadap eko­nomi masyarakat terlihat jelas dan signifikan,” pintanya.

Dikatakannya, penyelenggaraan event harus memiliki multiplier effect agar berdampak pada pertumbuhan ekono­mi, baik secara mikro maupun makro. Artinya, tujuan yang diharapkan dari festival ini terlihat dampaknya pada masya­rakat, sehingga dapat dikalkulasikan perputaran ekonominya.

Selain itu dijelaskan Wabup, festival juga untuk mengembalikan khazanah kawasan Danau Maninjau, dengan mengusung beberapa kegiatan bersifat kebudayaan dan sejarah, meski­pun ada yang bersifat kontemporer.

”Namun semua itu adalah untuk menjaga keseimbangan nilai yang telah berkembang sesuai zaman kekinian, tapi tetap dalam patron interaksi yang berbudaya sesuai falsafah ABS-SBK,” katanya.

Lebih jauh, Irwan Fikri mengatakan, festival juga memperlihatkan betapa pentingnya kawasan Danau Maninjau. Begitu berartinya kawasan ini, sehingga perlu bersama-sama menjaganya.

”Melalui event ini kita berharap tertuang pesan kepada kita semua, bahwa segala nilai yang ada di kawasan Danau Maninjau adalah suatu keistimewaan, yang perlu dijaga dan dikelola dengan baik,” ujarnya berharap.

Sementara itu, Kepala Disparpora Agam, Syatria dalam laporannya menyebutkan, Festival Pesona Danau Maninjau telah digelar sejak 22 Juli 2022 dan berakhir hari ini, Minggu (31/7). “Ada berbagai kegiatan dilaksanakan pada tiga lokasi,” ujarnya.

Kegiatan dilaksanakan se­perti kejurda Paralayang, vlog lintas wisata alam, lomba lagu minang se-Sumbar, lomba meng­gambar dan mewarnai tingkat TK/PAUD. “Kemudian hari ini Fun Bike Tour de Maninjau, yang mengelilingi sebagian Nagari Wisata di Tanjung Raya,” terangnya.

Selanjutnya, napak tilas jejak Buya Hamka serta penampilan kesenian yang diikuti perwakilan 5 danau wilayah kerja BPNB yaitu Sumbar, Bengkulu dan Sumsel.3

Festival Pesona Danau Maninjau ini disinergikan dengan program Pokdarwis, OPD Agam dan Sumbar, serta unsur lainnya. “Semoga kegiatan ini berikan dampak yang baik pada masyarakat, terutama di segi ekonomi,” harapnya. (pry)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top