Close

Festival Paralayang Taratak Kubang Sukses, Nurhkalis: Sejalankan Pariwisata dan Ekonimi

PARALAYANG— Festival Paralayang Bukik Lambe, Taratak Kubang dihelat selama dua hari, Jumat dan Sabtu (3-4/12) berlangsung sukses.

LIMAPULUH KOTA, METRO–Anggota DPRD Sumbar Nurkhalis Dt Bijo Dirajo meng­gelar helat menarik untuk meningkatkan perekonomian kawasan melalui dana Pokir (pokok pikiran) di Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar. Helat tersebut a­dalah iven Festival Parala­yang di puncak Bukik Lambe Jorong Taratak Kenagarian Kubang, Kecamatan Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota.

Selain paralayang, di samping nagari Taeh Bukik, puncak Bukik Lambe merupakan tempat yang sangat indah nan eksotis dan di­kagumi. Karena pendaratan mayoritas di areal pesawahan. Festival Paralayang Taratak Kubang dihelat selama dua hari, Jumat dan Sabtu (3-4/12).

 Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Limapuluh Kota, Desri sampaikan ucapan terima kasih kepada Nurkhalis yang begitu peduli dengan pertumbuhan dan perkembangan bidang pariwisata kabupaten Limapuluh Kota.

 “Kami mewakili Bupati dan Masyarakat Limapuluh Kota patut berbangga karena Dinas Pariwisata Sumbar telah menunjuk Limapuluh Ko­ta sebagai pelaksana Iven Pa­ralayang Taratak Kubang yang luar biasa ini,” kata Desri.

 Dia menyebut,  view Taratak Kubang yang di ling­kuang bukik menawarkan pesona yang eksotis memanjakan mata sehingga bisa menjadi salah satu spot yang menjadikan tempat pariwisata yang layak untuk dijual kepada wisatawan. “Pemkab Limapuluh Kota siap menjadikan Taratak Kubang sebagai tempat permanen untuk ajang olahraga paralayang ini, kalau didukung oleh Pemerintahan Nagari dan Bamus untuk menyediakan Tanah untuk dihibahkan,” kata Desri.

 Sementara, Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Hendri yang mewakili Kadis, mengharapkan Festival Paralayang ini  berdampak bagi masyarakat sekitar. Sehingga Festival Paralayang ini bisa menjadi pemicu untuk berkembangnya Bidang Pa­ri­wisata di Kabupaten Lima­puluh Kota.

 “Kalau Pariwisata sudah berkembang, maka dengan sendirinya ekonomi akan bertumbuh dan berkem­bang. Itulah yang kami u­payakan ke depannya,” ung­kap Hendri.

 Anggota DPRD Sumbar Nurkhalis Dt Bijo Dirajo me­nyebut festival paralayang di Bukik Lambe, merupakan aspirasi dari aspirasi dari Komunitas Paralayang Li­ma­puluh Kota yang diserap dari reseseberapa waktu lalu.  Dirinya  memasukkan dalam pokok-pokok pikiran (Pokir) DPRD, tahun lalu. “Alhamdulillah tahun ini bisa dieksekusi, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk bidang olahraga, pariwisata dan ekonomi kawasan,” ujar Nurkhalis.

 Dia berharap,  festival ini bisa memicu meningkatnya sektor pariwisata dan ekonomi di kawasan Harau dan Kabupaten Limapuluh Kota. “Selain sektor pariwisata, ini juga bagian dari promosi daerah, sehingga o­rang bisa lebih mengenal keindahan alam kita ” pung­kasnya yang sekaligus me­nu­tup Festival Paralayang Taratak Kubang 2021, Sabtu (4/12). (r)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0 Comments
scroll to top